Manfaat Ajaib Santan bagi Kesehatan Kulit

16 Agustus 2019 Artikel Kesehatan


Santan adalah intisari dari perasan buah kelapa yang sudah dihaluskan atau diparut. Biasanya didalam pemanfaatan, santan ini dijadikan salah satu bahan pelengkap masakan yang mempunyai citarasa yang tinggi. Selain sangat kaya akan kalsium dan vitamin, santan juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Beberapa kandungan mineral dan vitamin yang terdapat pada santan kelapa bisa membantu kulit mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Berikut manfaat ajaib santan murni untuk kesehatan kulit.
1. Mengobati penyakit kulit

Penyakit kulit sangat rentan dan dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Namun tahukah Anda, beberapa masalah kulit seperti psoriasis atau eksim dapat diobati dan disembuhkan dengan santan. Terapkan secara teratur di permukaan kulit yang bermasalah, agar kulit mendapat nutrisi dan kelembaban. Anda bahkan dapat menyingkirkan masalah kulit kering dengan cara mengoleskan santan secara teratur pada kulit yang kering.

2. Melembabkan kulit
Selain berbagai macam pelembap dan lotion yang ada di pasaran, ada beberapa bahan alami yang bermanfaat untuk melembabkan kulit. Salah satunya adalah santan murni. Jika diterapkan pada kulit dan dibiarkan selama setengah jam, santan memiliki efek melembabkan kulit. Santan bisa membuat kulit jadi halus, lembut dan lentur, dan juga mengobati kekeringan. Selain itu, Anda juga dapat mencampur santan dengan air mandi dalam proporsi yang sama, dan berendam di dalam bak mandi untuk mengatasi masalah kulit kering. Beberapa orang juga mencampur santan dengan air mawar atau minyak lavender untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mencegah penuaan
Penuaan biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Faktor internal yaitu adanya gangguan dari dalam tubuh, seperti sakit berkepanjangan dan kurangnya asupan gizi. Sedangkan faktor eksternal bisa terjadi karena sinar matahari, polusi, makanan yang tidak sehat, dan lain sebagainya. Karena mengandung banyak tembaga dan vitamin C, santan juga dapat menjaga elastisitas kulit dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan di kulit. Oleskan santan ke seluruh wajah untuk memerangi tanda-tanda penuaan pada kulit.

4. Menghapus make up
Anda bisa menghapus sisa makeup dengan santan. Anda hanya perlu mencampur santan dengan minyak kelapa atau baby oil dengan perbandingan 1: 2. Santan juga bisa membantu membersihkan sisa bahan kimia dari pori-pori kulit dan melembapkan kulit.

5. Menghilangkan kulit belang
Kulit yang belang berbeda dengan kulit asli dan terkadang menjengkelkan juga dapat mengurangi rasa percaya diri. Salah satu cara menghilangkan belang pada kulit yang dapat Anda lakukan agar kulit menjadi normal kembali dalam waktu yang lebih singkat adalah menggunakan santan murni. Anda hanya perlu mengoleskan santan pada kulit yang belang karena paparan sinar matahari.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)