Manfaat Ajaib Dibalik Kesegaran Jambu Air bagi Kesehatan

7 November 2018 Artikel Kesehatan


Semua orang pasti tahu kalau manfaat jambu air adalah untuk melepas dahaga dan menahan lapar. Selain itu di dalam jambu air mengandung vitamin A, C kalsium, serat, tiamin, zat besi dan niasin. Tentu kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, selama ini kita hanya mengetahui sedikit saja manfaat jambu air, padahal bisa juga untuk mencegah penyakit serius. Jika Anda mengetahui manfaatnya, pasti Anda akan lebih memilih mengkonsumsi buah ini ketimbang obat-obatan medis. Jambu air dapat membantu Anda dalam mengobati beberapa penyakit, baik ringan maupun serius.

Dan inilah beberapa manfaat jambu air untuk kesehatan yang perlu diketahu:
1. Mengontrol kadar gula dalam darah

Buah ini termasuk salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebab, kandungannya mampu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Jadi, penderita diabetes tidak perlu khawatir kalau kadar gula darah meningkat.

2. Mengobati diare dan perut kembung
Jambu air mengandung 93% air dan serat. Sehingga, sangat tepat bagi Anda yang sedang mengalami masalah pencernaan. Buah ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan melancarkan pencernaan. Selain itu juga sangat manjur untuk mengatasi perut kembung.

3. Mengatasi infeksi jamur
Senyawa organik yang berada di dalam jambu air diyakini mampu melawan infeksi jamur serta mikroba lainnya. Termasuk juga cacing parasit yang masuk ke dalam saluran pencernaan. Jadi, selama Anda masih mengkonsumsi jambu air jangan khawatir cacing jahat bersarang pada tubuh Anda.

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat
Kandungan serat dan nutris dalam buah ini bisa membersihkan pembuluh darah dari kolesterol jahat. Dengan begitu, jambu air dapat mencegah terjadinya plak pada pembuluh darah yang menghalangi aliran darah. Mengkonsumsi buah ini secara rutin dapat mencegah terkena penyakit jantung, stroke serta komplikasi kardivaskular lainnya.

5. Menurunkan resiko kanker prostat dan payudara
Kanker prostat yang merupakan jenis kanker yang diderita oleh pria dapat dicegah hanya dengan rajin memakan buah yang satu ini. Selain itu, jambu ini mampu menurunkan resiko kanker payudara pada wanita. Ini merupakan hal yang penting harus diketahui oleh semua orang.

Itulah beberapa manfaat jambu air yang perlu Anda ketahui. Jadi, makanlah jambu air sebagai bentuk usaha untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)