Manfaat Air Hujan

5 Desember 2013 Artikel Kesehatan


Cobalah tampung air hujan, diamkan sebentar. Kemudian masukan ke dalam plastik bening. Setelah itu, masukan ke dalam freezer kulkas. Beberapa jam setelah beku, lihatlah hasilnya? Ada banyak kristal-kristal indah di dalamnya.

Tidak bisa dipungkiri, menari dibawah guyuran hujan deras memang menjadi salah satu aktifitas yang begitu menyenangkan. Terlebih bagi mereka yang masih berada di usia anak-anak.
Air hujan memiliki suhu dibawah rata-rata dari air tawar lainnya. Sehingga bisa membuat badan menggigil kedinginan, walaupun hanya beberapa saat saja. Bahkan bisa flu, batuk dan meriang. Walau demikian, air hujan ternyata berguna untuk tubuh manusia.

Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

  1. Menghilangkan bau amis. Kalau kita habis makan ikan atau daging, terkadang bau amis pada telapak tangan sulit untuk hilang walaupun kita cuci tangan pakai sabun. Nah salah satu manfaat air hujan adalah dapat menghilangkan bau amis. Coba saja cuci tangan pakai air hujan, pasti bau amis pada jari tangan kita akan hilang, meskipun tanpa menggunakan sabun.
  2. Pengejutan sistem syaraf pada tubuh. Seperti pada pijat reflfeksi, pola dasarnya adalah pengejutan system syaraf yang terletak dibawah jaringan kulit. Kalau kita mandi air hujan selama 10 menit saja, maka ribuan butir air hujan akan memukul kita. Pukulan air hujan tersebut dapat mengejutkan ribuan system syaraf yang tersebar di seluruh tubuh. Apalagi kalau kita mengendarai sepeda motor dengan kaca helm terbuka, pukulan air hujan pada wajah kita akan terasa lebih keras, ternyata itu seperti sebuah pijatan yang mujarab dapat melancarkan peredaran darah pada wajah.
  3. Menghilangkan toksin atau racun pada tubuh. Dengan melarutkan garam pada air hujan segar, lalu rendamlah telapak kaki kita selama ± 15 menit. Lakukan secara rutin setiap kali turun hujan. Usahakan air hujan murni yang digunakan. Yang dimaksud dengan air hujan murni adalah air hujan yang langsung ditampung pada wadah tanpa melewati media lain. Simpan wadah penampungan air hujan pada tempat terbuka, supaya air hujan dari langit langsung masuk ke wadah penampungan, tanpa melewati genteng atau talang.
  4. Membuat rambut lebih sehat. Meski sering dihindari, nyatanya air hujan bisa digunakan sebagai terapi untuk rambut. Cobalah untuk menampung air hujan dalam wadah dan gunakan untuk membilas rambut setelah keramas. Rambut niscaya jadi akan lebih sehat. Tapi ingat air hujan yang digunakan adalah air hujan yang murni.


Nah, itulah beberapa manfaat dari air hujan. Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti S
(Dikutip Dari berbagai sumber)