Mandometer, Penakluk Obesitas pada Anak

7 Januari 2010 Artikel Kesehatan


LONDON-Persoalan obesitas pada anak-anak di dunia barat mengundang decak khawatir para peneliti di sana. Pasalnya, obesitas sudah menjangkiti anak-anak pada usia sekolah dasar. Sebab itu peneliti kemudian fokus bagaimana cara menghentikan laju perkembangan obesitas seefektif mungkin.

Baru-baru ini, seperti dilansir Telegraph, Kamis (7/1), British Medical Journal merilis kabar yang menyebutkan persoalan obesitas pada anak-anak bisa ditekan apabila mereka makan dengan cepat. Kesimpulan tersebut diperoleh peneliti asal Swedia yang menggunakan sebuah alat bernama Mandometer saat menjalani riset yang melibatkan 106 anak-anak penderita obesitas berusia 9-17 tahun.

Mandometer ini merupakan hasil temuan peneliti asal Swedia yang memiliki fungsi membuat anak-anak kehilangan nafsu makan mereka. Alat ini bekerja mengunakan grafis yang menunjukan semacam sugesti berupa makanan pada piring yang akan dikonsumsi anak-anak hilang, lalu alat ini membandingkan dengan terapi yang dijalankan oleh pakar nutrisi.

Saat menggunakan mesin ini, anak-anak juga diharuskan menjalani latihan fisik selama 60 menit per hari dan menjalani pula diet ketat. Hasilnya, dari 106 anak-anak, rata-rata dari mereka usai menjalani tes selama setahun yang berlangsung di Universitas Bristol, mengalami penurunan berat badan antara 4-6 pound atau setara dengan 2-4 kilogram.

Dalam laporannya, para peneliti menyatakan Mandometer begitu membantu anak-anak untuk menurunkan berat badan mereka. Mandomenter juga dinilai peneliti jauh lebih efektif ketimbang jenis terapi lain.

Tes lanjutan selama 6 bulan pasca riset dilangsungkan juga mendapatkan hasil memuaskan. Peneliti mencatat penurunan berat badan berlangsung secara konsisten. Hal ini menunjukan, Mandometer mampu memberikan efek jangka panjang bagi kebiasaan anak-anak. cr2/rin

Sumber: Republika Online