Malas Olahraga? Ganti Saja dengan 3 Aktifitas Ini

11 Mei 2014 Artikel Kesehatan


Kemalasan dalam melakukan atau menyelesaikan sesuatu adalah hal yang umum dan pasti dialami oleh semua orang. Dalam hal berolahraga, malas adalah hal yang cukup sering ditemui juga. Seperti biaya keanggotaan pusat kebugaran mungkin terlalu mahal dan tricky untuk Anda. Bisa jadi, bulan pertama dan kedua Anda bersemangat, lalu selanjutnya drop. Sementara olahraga luar ruangan juga terlalu menjemukan, atau tidak ada teman.

Banyak alasan untuk tidak berolahraga. Maka perlu alternatif pengganti yang sama efektifnya.Berikut ini adalah beberapa aktifitas yang dapat disetarakan dengan kegiatan olahraga:

1. Berkebun

Kegiatan dari rumah setara olahraga adalah berkebun. Tidak banyak lahan kosong, kecil namun efisien kan. Berkebun memerlukan usaha yang besar. Sebab Anda harus memindahkan sekantung kompos yang berat, menyiangi rumput liar, membungkuk, dan berdiri lagi. Berkebun dapat membakar rata-rata 200 hingga 400 kalori per jam. Tetapi saat berkebun, orang akan berfokus pada tugas yang harus dilakukan sehingga tak pernah menyangka bahwa aktivitas yang dilakukan sebenarnya merupakan olahraga.

2. Let’s dance!

Menari merupakan bentuk olahraga kardio yang paling sempurna. Gerakannya aktif, melibatkan musik kesayangan dan membuat senang. Menari merupakan salah satu olahraga yang dapat mengurangi stres, meningkatkan kelenturan tubuh, dan yang paling penting, dapat dilakukan di mana saja. Ketika menari, kita tidak akan pernah memikirkan pengulangan-pengulangan atau jumlah kalori. Menari merupakan olahraga yang tidak kentara karena kita benar-benar menikmatinya.

3. Ganti kursi kantor

Mungkin hal satu ini jangan sembarang dilakukan. Ijin dulu sama orang kantor. Namun jika tidak ada masalah, sesekali geser kursi kantor Anda dan ganti dengan bola keseimbangan. Ya, bola lentur yang biasa ditemukan di pusat kebugaran. Bola keseimbangan akan membuat tubuh terus bergerak aktif sehingga bisa dianggap seperti olahraga. Anda akan terus bergerak dan membakar kalori karena harus menggerakkan tubuh agar bisa tetap tegak.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)