Malas Bangun Pagi? Tingkatkan Mood Positifmu Sebelum Tidur!

10 Mei 2013 Artikel Kesehatan


Sebagian besar orang ketika bangun pagi mengalami rasa lemas pada tubuhnya. Jika badan lemas, maka orang akan malas untuk bangun pagi untuk beraktivitas dan lebih memilih untuk menarik selimutnya untuk tidur kembali.

Sebenarnya, ketika kita tidur malam tubuh melakukan regenerasi pada sel-sel di tubuh kita dan hal ini membuat tubuh akan terasa segar ketika bangun pagi. Mungkin rasa malas saat bangun tidur berdampak pada sejumlah masalah yang dialami oleh kita seperti stres dan depresi.

Tidak jarang ketika kita bangun tidur dengan perasaan negatif seperti sedih, kecewa, dan malas. Lalu bagaimana agar bisa mengawali hari dengan semangat dan mood yang postif?

1. Usahakan lampu kamar anda mati ketika tidur

Tubuh manusia telah diprogram untuk bisa tertidur ketika hari sudah gelap. Adanya cahaya justru bisa menghambat produksi melatonin, hormon yang membuat orang tertidur. Bahkan jika sedang tidur, cahaya pun dapat dideteksi menembus kelopak mata. Jadi, pastikan kamar Anda cukup gelap agar bisa tidur lebih nyenyak.

2. Siapkan keperluan untuk esok hari

Siapkan pakaian yang ingin dipakai dan tugas-tugas kantor sebelum Anda tidur. Dengan begitu Anda akan tidur lebih nyenyak dan bangun dengan mood positif karena tahu bahwa Anda siap menghadap hari yang baru.

3. Jadikan suasana kamar anda nyaman

Singkirkan semua hal yang dapat mengalihkan perhatian Anda dari fungsi utama kamar yaitu tidur. Hindari menaruh televisi, komputer atau benda-benda lain yang mengingatkan Anda pada tekanan dan stres. Sebaliknya, menaruh barang yang mengingatkan pada kenangan indah akan buat Anda mudah mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas.

4. Berikan pikiran tenang sebelum tidur

Sebaiknya Anda tidak menonton berita kriminal atau berita menyedihkan lainnya sebelum tidur. Unsur negatif dari berita tersebut tidak kondusif untuk mendapatkan istirahat yang baik. Jika Anda sedang dalam masalah, cobalah tenangkan diri dengan mandi air hangat terlebih dahulu.

5. Usahakan untuk tidak begadang

Tidur merupakan waktu istirahat untuk organ-organ vital seperti mata dan otak. Tidur yang cukup sangatlah penting karena dapat mengembalikan pasokan energi yang telah habis digunakan sehari-hari dan membuat seseorang semangat serta fokus di pagi hari.

6. Miliki rasa syukur atas hari-hari yang dijalani

Ketimbang memikirkan hal-hal negatif, ada baiknya jika Anda menghitung nasib baik dan mengucap syukur dengan apa yang sudah dimiliki hingga saat ini. Tulis semuanya ke dalam diari. Tertidur dengan perasaan senang dapat membuat tidur lebih berkualitas dan dapatkan mood positif di pagi hari.

Buatlah hari anda dipenuhi dengan pikiran yang positif agar menghindari anda dari perasaan stres dan penyakit.

(Dikutip dari berbagai sumber)