Makanan yang Tidak Perlu Disimpan dalam Kulkas

2 Februari 2014 Artikel Kesehatan


Kulkas dibeli untuk menyimpan berbagai jenis makanan. Dari makanan, buah-buahan atau sayuran yang baru dibeli hingga yang sisa semuanya disimpan di kulkas. Tujuan tidak lain adalah agar semuanya itu tidak cepat basi, busuk atau rusak sehingga bisa bertahan lama. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis makanan yang justru tidak boleh disimpan di kulkas?

Berikut ini adalah makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas:

Saus kemasan dan saus botolan

Saus yang dikemas dalam botol, diproduksi dengan perhitungan yang matang untuk mampu bertahan lebih dari beberapa bulan tanpa disimpan dalam kulkas. Mendinginkan saus justru membuat tutup botol susah dibuka, menurunkan kualitas dan tentu saja lebih sulit untuk disajikan karena kaku.

Umbi-umbian

Rumpun makanan yang termasuk umbi-umbian seperti kentang, ubi dan sebagainya jika diletakkan dalam kulkas terlalu lama, akan mengalami degradasi rasa. Disarankan untuk menyimpan umbi-umbian di dapur menggunakan pembungkus kertas. Hindari pemakaian plasti untuk membungkus kentang, karena dapat mempercepat proses pembusukkan.

Roti

Roti yang tersimpan dalam kulkas akan berubah kering dan menimbulkan rasa asam. Saat dioleskan dengan mentega, umumnya roti lebih cepat terurai, sehingga meja makan pun jadi berantakan dengan remah-remah.

Bawang

Terutama bawang merah, putih dan bombay, karena seharusnya bawang merupakan bumbu dapur yang harus disimpan dalam wadah yang dilengkapi dengan sirkulasi udara. Simpan saja di lemari dapur dengan suhu yang tidak terlalu kering dan lembab, pastikan agar tidak berdampingan dengan kentang dan umbi-umbian, karena bisa menyebabkan bawang cepat busuk.

Kopi

Kopi yang disimpan dalam kulkas mengalami pengembunan, ini dapat memengaruhi aroma kopi. Padahal selain citarasa, salah satu yang membuat seseorang begitu adiktif terhadap kopi adalah aromanya! Maka dari itu, apabila ingin menjaga supaya kopi tetap nikmat, simpan pada toples kering lalu tutup rapat dan pastikan suhu di sekitarnya seimbang.

Alpukat

Alpukat tidak akan matang sampai setelah mereka dipetik dari pohon. Jika Anda membeli Alpukat, jangan menyimpannya di kulkas karena memperlambat proses pematangan. Di sisi lain, jika avokad matang dengan sempurna dan Anda tidak siap untuk digunakan, menyimpannya dalam kulkas bisa menundanya menjadi busuk.

Tomat

Tomat bukanlah buah, tapi tergolong sayuran yang sebenarnya lebih baik di suhu panas ketimbang dingin. Hal itu bisa Anda ketahui bila Anda menanam tomat sendiri. Lemari es bukanlah tempat yang ideal untuk menyimpan tomat. Malah bisa membuatnya bertepung dan tidak bisa dimakan mentah-mentah. Simpanlah di meja yang tidak terpapar langsung oleh sinar matahari.

Kemangi

Sama seperti tomat, kemangi juga tidak baik bila disimpan dalam suhu dingin. Menyimpannya terlalu lama di kulkas akan menyebabkan layu sebelum waktunya. Kemangi akan tetap segar bila disimpan di meja dengan suhu ruangan.

Oleh Ariyanti S
(Dikutip dari berbagai sumber)