Makanan yang Sebaiknya Dihindari Sebelum Berolahraga

18 Agustus 2019 Artikel Kesehatan


Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, metabolisme tubuh akan menjadi lancar sehingga penyebaran dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien. Agar memperoleh manfaat olahraga yang berkualitas, asupan gizi sebelum mulai melakukan olah tubuh harus diperhatikan. Ternyata, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari supaya Anda mendapatkan olahraga yang berkualitas. Lantas apa saja jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum berolahraga?

Berikut jenis makanan yang sebaiknya dihindari sebelum.
1. Makanan pedas

Meski memiliki dampak positif bagi kesehatan, namun mengkonsumsi makanan pedas sebelum berolahraga dapat membuat perut terasa tidak nyaman. Pengaruh makanan pedas akan mengganggu pencernaan yang akhirnya dapat merusak program latihan fisik karena menahan rasa nyeri di perut.

2. Makanan yang kaya gula
Meskipun gula diperlukan dan sangat penting bagi tubuh sebagai sumber energi. Namun disisi lain kalori dalam makanan manis akan terbakar lebih cepat, sehingga dampaknya Anda akan merasa lebih cepat lelah. Jika hendak makan makanan manis sebagai sumber energi alami, sebaiknya hindari kue manis. Konsumsilah makanan yang rendah protein dan lemak seperti buah stroberi.

3. Makanan yang kaya karbohidrat
Bila Anda berencana untuk berolahraga, sebaiknya hindari makanan yang berat seperti nasi, mi instan, sereal, oatmeal, kentang, dan roti. Karena kandungan karbohidrat dalam makanan berat membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Jika Anda sudah terlanjur makan sepiring nasi dengan lauk pauk lengkap, maka sebaiknya tunggu hingga dua jam sebelum mulai berolahraga.

4. Makanan yang dapat menyebabkan perut kembung
Beberapa jenis makanan seperti kacang-kacangan, mentimun, lobak, jagung, apel, brokoli, kol, dan sayuran tertentu, serta susu cenderung memberikan efek gas di dalam perut. Asupan gas dalam perut dapat membuat perut terasa tidak nyaman ketika sedang berolahraga.

5. Makanan yang terlalu asin
Makanan yang terlalu asin diketahui dapat memicu penyakit diabetes dan jantung. Selain itu, mengkonsumsi makanan asin cenderung bisa menyebabkan dehidrasi dan tenggorokan terasa cepat haus. Dehidrasi akan berdampak sakit kepala dan kram sehingga akan mempengaruhi latihan fisik Anda selama berolahraga.

Sudah tahu kan jenis makanan apa saja yang tidak disarankan untuk dikonsumsi sebelum berolahraga? Jika tidak ingin olahraga yang Anda lakukan sia-sia, hindari makanan-makanan ini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)