Makanan yang Harus Dihindari Ketika Sahur dan Berbuka

5 Juli 2014 Artikel Kesehatan


Bulan suci ramadhan sudah mulai menyambangi umat muslim di seluruh dunia. Disaat bulan puasa seperti ini banyak diantara keluarga muslim yang menyajikan menu spesial selama bulan puasa berlangsung. Tapi perlu diperhatikan dan pilih juga menu yang Anda akan sajikan selama bulan puasa baik di waktu sahur ataupun berbuka puasa. Sebab jika sampai salah memilih menu makanan bisa-bisa hal tersebut dapat menganggu kelancaran ibadah puasa Anda bersama keluarga.

Ketika menjalani ibadah puasa ramadhan, umat Muslim tidak makan dan minum dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Maka ketika waktunya berbuka, pasti akan sangat senang ketika berjumpa dengan makanan. Akan tetapi sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan selama puasa dengan memilih menu yang tepat ketika sahur dan berbuka.

Memilih menu makanan sehat sangat penting ketika berpuasa Ramadhan, pasalnya beberapa jenis makanan mengandung gas dan fosfat sehingga menyebabkan gangguan perut dan membuat lambung tidak nyaman. Jika itu terjadi, maka ibadah puasa yang dijalankan bisa terganggu. Gangguan perut kembung yang terjadi saat puasa biasanya terjadi karena salah makan saat sahur atau berbuka. Apalagi untuk penderita maag, makanan yang berlemak seperti goreng-gorengan sangat tidak dianjurkan karena berpotensi menyebabkan gangguan lambung.

Sebaiknya perbanyak minum air putih ketika sahur maupun berbuka untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Hindari mie instant selama bulan puasa karena beresiko menimbulkan efek kembung, mual dan muntah sehingga mengganggu Ibadah puasa. Untuk dapat menjalani ibadah puasa dengan tenang tanpa gangguan?

Berikut beberapa daftar makanan yang harus dihindari ketika sahur maupun berbuka:
1. Hindari makanan dan minuman yang bisa menyebabkan produksi asam lambung berlebihan seperti gorengan, permen karet, alkohol, kopi atau susu full cream. Sebaiknya hindari makanan tersebut ketika sahur atau berbuka. Produksi asam lambung yang terlalu tinggi bisa menyebabkan rasa mual dan penyakit maag.

2. Hindari makanan yang mengandung kadar gula terlalu tinggi, seperti kolak, es teler, es buah, dan makanan manis lainnya. Sebenarnya boleh mengkonsumsi makanan tersebut akan tetapi jangan sampai dalam porsi berlebihan. Untuk penderita diabetes sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan tersebut.

3. Hindari makanan yang mengandung kadar lemak terlalu tinggi, seperti santan atau jeroan ayam, coklat dan keju. Makanan berlemak sulit untuk dicerna dalam tubuh sehingga kemungkinan menyebabkan gangguan pada lambung dan membuat anda merasa kembung.

4. Hindari makanan pedas dan mengandung terlalu banyak merica. Memang masakan pedas terasa sangat nikmat dan menggugah selera makan. Makanan yang terlalu pedas dapat merusak dinding lambung apalagi bagi penderita penyakit lambung, lambung juga sangat sensitif dengan makanan pedas.

Bijaklah memilih menu makanan sehat untuk sahur dan berbukaagar Anda dapat menjalani Ibadah puasa Ramadhan sampai dengan selesai.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)