Makanan yang Dibutuhkan oleh Tubuh

28 Mei 2013 Artikel Kesehatan


Setiap manusia butuh makan untuk mengisi energi dan tenaga yang sudah terbuang. Tetapi masih banyak orang yang tidak peduli dan tidak memperhatikan apa yang masuk ke dalam mulut mereka. Padahal makanan memainkan peran penting tidak hanya untuk mengatasi rasa lapar, tetapi juga fungsinya dalam meningkatkan kesehatan.

Tubuh kita terdiri dari 63% air, 18% protein dan karbohidrat sekitar 0,8 % dari berat tubuh. Agar tubuh selalu dalam keadaan sehat dan dapat berfungsi secara prima. kita perlu hati-hati dalam memilih makanan yang diperlukan oleh tubuh yakni makanan yang lengkap mengandung seluruh zat gizi yang penting bagi pertumbuhan dan kesehatan dalam proporsi jumlah yang tepat.sekitar 50 jenis zat gizi dibutuhkan tubuh. 25 dari ke 50 zat gizi itu dapat dibentuk oleh tubuh yang sehat sempurna.Singkatnya, kita harus pintar memilih makanan yang baik untuk tubuh.

Beberapa jenis makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari:

a.Yogurt

Minuman kesehatan hasil fermentasi ini sangat baik untuk menunjang kesehatan secara keseluruhan. Yogurt mengandung ratusan juta organisme probiotik (bakteri baik) yang berfungsi sebagai bala bantuan dalam menghadapi bakteri jahat di dalam tubuh. Yogurt juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan perlindungan melawan kanker.

b.Tomat
Warna merah pada kulit tomat mengandung antioksidan likopen. Jika ingin mendapat hasil yang terbaik, sebaiknya anda memasak tomat terlebih dahulu sebelum menyantapnya. Karena tomat yang dimasak lebih mudah diserap oleh tubuh. Studi menunjukkan bahwa diet kaya likopen dapat menurunkan risiko kanker kandung kemih, paru-paru, prostat, kanker kulit, dan kanker perut, serta mengurangi risiko penyakit arteri koroner. Jika tidak terlalu suka tomat, bisa menggantinnya dengan semangka merah, pepaya, jambu biji.

c.Kacang hitam
Semua jenis kacang umumnya baik untuk kesehatan jantung. Tetapi kacang hitam memiliki khasiat yang tidak dimiliki oleh kacang lainnya yakni, meningkatkan kekuatan otak. Kacang hitam kaya akan kandungan anthocyanin - suatu senyawa antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak. Dalam sehari anda cukup mengonsumsi setengah cangkir kacang hitam (8 gram protein dan 7,5 gram serat). Kacang hitam sangat rendah kalori dan bebas dari lemak jenuh, jadi anda tidak perlu takut untuk mengonsumsinya.

d.Bayam
Anda sepertinya harus mencontoh tokoh kartun Popeye yang suka makan bayam. Bayam memiliki peran sangat vital dalam membangun otot karena kaya akan sumber omega-3 dan folat, yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis. Hebatnya lagi, folat juga dapat meningkatkan aliran darah ke bagian bawah tubuh, sehingga membantu melindungi anda terhadap masalah yang berkaitan dengan seksual. Bayam juga tinggi kandungan lutein, suatu senyawa yang dapat melawan degenerasi makula (kerusakan jaringan mata).

e.Wortel
Wortel tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata, tetapi juga mengurangi risiko kanker dan keparahan akibat peradangan seperti asma dan rheumatoid arthritis. Sebagai alternatif penggantinya, anda bisa mengonsumsi ubi jalar, labu, paprika dan mangga.

f.Blueberries
Tingginya kandungan antioksidan dalam blueberries membuat makanan ini dikenal sebagai musuh utama kanker. Bahkan beberapa studi menunjukkan bahwa blueberry kaya kandungan serat, vitamin A dan C. Jika Anda susah mendapatkannya tidak perlu khawatir, Anda bisa menggantinya dengan acai berry, angggur, kismis dan stroberi.

g.Oats
Manfaat oat yang sangat penting bagi penderita diabetes dalam membantu mengatur kadar gula darah. Hasil penelitian dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa beta-glucan pada oat dapat membantu mencegah terjadinya peningkatan kadar gula darah secara drastis pada penderita diabetes setelah makan.

Penelitian lain yang dilakukan oleh para ahli dari University of Texas Southwestern Medical Center juga membuktikan hasil yang serupa. menyatakan bahwa serat makanan (seperti beta-glucan pada oat) dapat membantu mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat oat, seperti untuk kesehatan jantung, menurunkan koleterol, dan meningkatkan fungsi otak.

Agar tidak terjadi hal buruk pada kesehatan, mulai sekarang ubah kebiasaan makan sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh, bukan diinginkan mulut.

(Dikutip dari berbagai sumber)