Makanan yang Bisa Meningkatkan Penglihatan

29 Januari 2018 Artikel Kesehatan


Bagian dari tubuh yang tak kalah penting untuk dirawat adalah mata. Karena tanpa mata yang sehat kita tidak akan dapat melihat keindahan ciptaan tuhan. Mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting bagi kehidupan. Karena dengan mata, anda dapat mengetahui apa yang ada di sekitar anda, membuat anda dapat mengenal banyak sekali orang di dunia ini dan dapat mengenal banyak benda.

Kita tidak akan bisa melihat dengan baik jika mata kita bermasalah. Jadi, bersyukurlah bahwa mata kita bisa melihat dengan baik. Namun banyaknya kegiatan anda sehari-hari, tidak sedikit daya penglihatan seseorang menjadi menurun. Oleh karena itu, untuk yang ingin membuat penglihatan tetap bagus atau ingin meningkatkan penglihatan anda, berikut beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi sehingga dapat membuat mata menjadi lebih baik:

1. Telur
Mulailah hari anda dengan mengonsumsi satu atau dua butir telur. Seperti yang Anda tahu, telur mengandung protein yang bermanfaat bagi lensa mata anda. Kuning telur juga bermanfaat untuk mencegah penyakit mata pada usia anda.

2. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, dan sawi terkenal khasiatnya untuk mencegah kehilangan penglihatan. Sayuran-sayuran hijau ini kaya akan vitamin A, B12, C, dan kalsium. Ingat, jangan terlalu matang memasaknya, supaya kandungan vitamin di dalam sayuran tidak hilang. Oleh karena itu, biasakanlah untuk mengonsumsi sayuran hijau setiap hari sehingga membuat mata anda dapat menjadi lebih baik.

3. Alpukat
Buah yang sering dikonsumsi dengan cara dijadikan sebuah jus ini ternyata juga sangatlah baik mata karena buah ini mengandung kandungan Lutein yang dapat membantu anda dalam mencegah katarak pada saat di usia senja nanti.

4. Ikan
Ikan Salmon dan juga Tuna merupakan jenis-jenis ikan yang paling dikenal karena memiliki kandungan yang sangat banyak dan juga sangatlah baik bagi tubuh. Salah satu kandungan yang berada di dalam ikan tuna dan juga salmon adalah Omega 3 dan juga asam lemak. Seperti yang di ketahui bahwa omega 3 dan juga asam lemak merupakan kandungan yang sangat baik bagi retina mata. Selain itu, kandungan omega 3 juga dikenal sebagai kandungan yang mampu meningkatkan kemampuan otak anda. Nah, untuk anda yang bukan termasuk penggemar ikan, anda dapat mengonsumsi pil minyak ikan yang memiliki manfaat hampir sama dengan mengonsumsi ikan.

5. Wortel
Semua orang juga sudah tahu kalau wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Sayuran ini sangat baik untuk mata karena mengandung beta karoten yang dapat melindungi retina dari kerusakan mata akibat sinar matahari.

Mata yang sehat merupakan cerminan badan yang sehat pula. Hindari katarak sejak dini dengan menjaga kesehatan mata.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)