Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

15 Mei 2018 Artikel Kesehatan


Bulan Ramadan merupakan bulan yang mulia, dimana umat Islam diwajibkan untuk tidak makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga matahari tenggelam. Banyak masyarakat yang berlomba-lomba dalam menjalankan kebaikan dan ritual keagamaan (seperti salat tarawih dan salat witir, tadarus, iktikaf, dan sebagainya) karena pada bulan suci itu pahala akan dilipat gandakan. Biasanya setelah berpuasa sekitar 13 jam seharian, banyak orang yang menjadi lapar mata pada saat berbuka puasa. Sehingga cenderung ingin menyantap makanan yang lezat secara berlebihan tanpa memperhatikan kandungan nutrisi dari makanan tersebut.

Akibatnya mata menjadi mengantuk karena terlalu banyak makan, dan badan pun juga lemas. Bahkan memungkinkan terjadinya sakit perut serta gangguan lambung. Agar stamina dan kesehatan tetap terjaga selama bulan ramadan, maka sebaiknya Anda menjaga tubuh dengan pola makan yang sehat. Lalu menu apa sajakah yang baik dikonsumsi pada saat bulan ramadan?

Kurma

Makanan yang berasal dari Timur Tengah ini merupakan makanan utama yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Kurma sangat baik dan mudah dicerna oleh lambung karena mengandung gula dan air. Buah kurma juga kaya akan kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa dengan kadar kalori rendah. Sehingga mampu mengembalikan energi pada sel-sel otak, sel syaraf, sel darah merah, sel tulang belakang, dan seluruh tubuh setelah seharian berrpuasa. Kandungan garam pada kurma juga bermanfaat untuk menyeimbangkan tingkat keasaman dalam darah. Selain itu terdapat kandungan lain berupa vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, dan sejumlah mineral (kalsium, magnesium, natrium, kalium, fosfor, dan sebagainya). Sebaiknya konsumsilah buah kurma sebanyak 3 buah dengan air putih sebelum memulai solat maghrib.

Madu

Madu merupakan salah satu makanan yang mengandung antioksidan sangat tinggi sehingga dapat digunakan menyembuhkan segala jenis penyakit. Madu juga sangat baik dikonsumsi pada saat berbuka puasa karena kandungan karbohidrat (glukosa dan fruktosa) yang dapat langsung diserap oleh tubuh tanpa proses pemecahan. Sehingga dapat memberikan energi dan stamina untuk tubuh. Selain itu madu juga mengandung vitamin dan beberapa mineral (kalium, natrium, kalsium, magnesium, zat besi, phosphor, mangan, dan sulfur). Madu sangat berguna melancarkan metabolisme dan mengatasi gangguan pencernaan. Sebaiknya konsumsi madu sebanyak 1-2 sendok makan ketika berbuka.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan dengan sumber protein tinggi, vitamin E, dan serat yang mudah dicerna oleh lambung. Selain itu kacang-kacangan juga baik untuk jantung karena kandungan asam lemak omega-3 yang tersimpan di dalamnya. Anda dapat mengombinasikan kacang-kacangan dengan sayuran untuk menu berbuka puasa, sebelum mengonsumsi makanan yang berat.

Buah-buahan

Selain mengonsumsi air putih, buah-buahan juga dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi dehidrasi setelah berpuasa seharian. Selain itu buah merupakan jenis makanan yang mudah dicerna oleh usus, setelah usus mengalami penyusutan karena berpuasa seharian. Sebaiknya konsumsilah buah yang mengandung serat untuk melancarkan pencernaan. Atau dapat juga jenis buah yang manis (mengandung kadar gula) untuk menambah tenaga selama berpuasa. Jenis buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa, seperti blewah, semangka, pisang, pepaya, melon, anggur, dan sebagainya. Jika Anda penderita gangguan lambung (maag), hindari mengonsumsi buah dengan kandungan asam, seperti jeruk dan nanas.

Ikan

Salah satu makanan pendamping nasi yang dapat Anda pilih saat berbuka puasa adalah ikan. Memang tidak diragukan lagi, manfaat daging ikan untuk kesehatan tubuh sangat banyak sekali. Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, antioksidan, protein hewani, vitamin D dan B2, dan sejumlah mineral. Kandungan omega 3 (terdiri dari EPA dan DHA) pada ikan sangat baik untuk pertumbuhan sel saraf otak, melancarkan perederan darah, mencegah peradangan, menjaga kesehatan jantung, organ pengelihatan, serta tulang. Beberapa jenis ikan yang kaya akan nutrisi, seperti ikan salmon, ikan nila, dan ikan tuna.

Itulah beberapa jenis makanan menyehatkan yang patut Anda coba saat berbuka puasa. Ingat, perhatikan pola makan Anda agar aktifitas keseharian tetap berjalan lancar meskipun sedang berpuasa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)