Makanan Pemulih Elektrolit dalam Tubuh

22 November 2010 Artikel Kesehatan


Elektrolit adalah mineral yang membawa muatan listrik. Elektrolit dibutuhkan tubuh untuk membantu mengatur fungsi syaraf dan otot, menjaga keseimbangan asam-basa dan cairan tubuh. Zat elektrolit seperti klorida, kalium, magnesium natrium, dan kalsium bisa dengan mudah hilang melalui keringat. Maka itu, kita perlu menggantinya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung elektrolit.

1. Makanan bernatrium dan klorida
Natrium dan klorida yang terkandung dalam makanan berperan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Kedua zat itu bisa ditemukan pada garam, daging sapi, sarden, keju, buah zaitun. Pada makanan olahan bisa ditemukan pada keripik, kacang-kacangan, mentega, dan margarin.

2. Makanan berkalium
Kalium bisa ditemukan pada berbagai jenis buah dan sayuran terutama yang berdaun hijau seperti bayam, lobak hijau, pisang, tomat, jeruk, melon, kentang, ubi jalar, dan kismis. Kalium berfungsi membantuk sel-sel tubuh dalam mengatur tekanan darah, mendegah tulang keropos dan batu ginjal.

3. Makanan bermagnesium
Magnesiun berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, fungsi otot dan syaraf serta aktivasi enzim. Magnesium bisa ditemukan dalam sayuran hijau dan kacang-kacangan.

4. Makanan berkalsium
Tubuh kita membutuhkan kalsium untuk membentuk tulang dan gigi, membantu pembekuan darah, fungsi otot dan enzim serta menjaga agar irama jantung tetap normal. Kalsium bisa ditemukan pada berbagai prosuk susu, daging, ikan sarden, telur, sereal, kacang-kacangan, dan buah seperti aprikot kering dan buah ara serta sayuran seperti asparagus dan sawi.

Sumber: mediaindonesia.com