Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak

3 Juli 2019 Artikel Kesehatan


Semua orang pasti mempunyai impian memiliki otak cerdas, pikiran tenang dan tubuh sehat. Dan untuk mendapatkan ini semua, kita tentu harus menjaga pola makan, memilih beragam makanan yang akan dikonsumsi serta pintar dalam memilih makanan yang mampu menutrisi tubuh juga otak secara maksimal. Ada beberapa makanan yang dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan otak sekaligus membuat pikiran tenang dan suasana hati bahagia juga kesehatan tubuh selalu terjaga. Penasaran apa saja makanan tersebut?

Berikut makanan sehat yang bisa meningkatkan kecerdasan otak:
1. Lemak Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak nutrisi serta kaya akan omega 3. Omega 3 sendiri adalah salah satu nutrisi yang sangat baik dalam meningkatkan kecerdasan, mencegah risiko alzheimer juga mempertajam ingatan. Tidak hanya baik untuk orang dewasa, lemak ikan juga akan membantu anak-anak berpikir lebih cepat, lebih cerdas serta lebih aktif. Joy Dubost, PhD, RD, seorang ahli diet dan juru bicara di Akademi Nutrisi dan Diet mengungkap jika omega 3 pada ikan sangat baik dalam melindungi kesehatan otak. Dan sumber omega 3 terbaik yang ada saat ini adalah ikan salmon.

2. Sayuran Hijau
Pada sayuran hijau mengandung banyak vitamin K yang terbukti mampu meningkatkan kecerdasan otak. Konsumsi sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi dan lainnya telah terbukti mampu memperlambat penurunan kinerja otak. Sebuah study di Rush University Medical Center bahkan menemukan bahwa makan sayur hijau rutin setiap hari akan lebih cerdas dan memiliki daya ingat tinggi jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak pernah makan sayur.

3. Minyak Zaitun
Biasanya minyak zaitun digunakan untuk kecantikan kulit atau juga kecantikan rambut. Tapi, tidak jarang minyak zaitun juga dikonsumsi sebagai salah satu makanan yang menutrisi tubuh serta otak secara maksimal. Di dalam minyak zaitun, terdapat nutrisi berupa polifenol sebagai antioksidan yang bisa bantu otak semakin cerdas dan ingat semakin tajam. Dalam sebuah jurnal, Journal of Alzheimer menyebutkan bahwa minyak zaitun mampu meningkatkan ketajaman memori seseorang, menetralisir gangguan pada otak dan mencegah risiko alzheimer di usia senja.

4. Telur
Telur merupakan sumber protein yang paling mudah di dapatkan dan mudah diolah. Selain harganya yang murah, telur juga dapat divariasikan menjadi berbagai makanan yang menarik. Kuning telur diketahui mengandung kolin yang dapat membantu perkembangan otak, terutama perkembangan fungsi memori atau daya ingat.

5. Buah Blueberi
Siapa yang tidak kenal dengan buah satu ini. Buah Blueberi memiliki rasa cukup asam namun tetap manis serta khas. Kandungan nutrisi berupa berbagai vitamin dan zat lainnya, membuat blueberi memiliki segudang manfaat untuk kesehatan termasuk kesehatan otak. Penelitian terbaru yang dilakukan di Tufts University menyatakan bahwa nutrisi pada blueberi mampu menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh keseluruhan dan juga otak. Tidak hanya itu saja, sebuah study di Harvard Nurses Health Study menemukan bahwa lebih dari 16.000 wanita berusia 70 tahun masih memiliki umur panjang dan ingatan tajam karena mereka terbiasa minum secangkir jus blueberi atau stroberi setiap hari.

Itulah beberapa makanan yang sangat baik untuk kesehatan otak. Jadi, mulai sekarang jangan lupa untuk konsumsi makanan sehat ini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)