Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Ketika Flu

7 September 2014 Artikel Kesehatan


Perubahan cuaca kerap kali membawa dampak buruk bagi kesehatan. Entah itu demam, pilek, radang tenggorokan,dan flu yang membuat badan rasanya sakit semua dan tidak nyaman.Baik anak-anak maupun orang dewasa, semua bisa saja terkena flu. Penyakit flu merupakan penyakit yang sering terjadi dan mudah menular dan menyerang pernapasan sehingga menyebabkan pilek. Flu disebabkan oleh berbagai jenis virus penyebab flu, salahsatunya adalah influenza.

Biasanya penyakit ini akan reda dengan sendirinya sekitar 7 sampai 10 hari atau untuk beberapa gejala ada yang sampai 3 minggu. Ketika mengalami flu, kita tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan karena dapat memperparah terjadinya flu. Beberapa makanan dan minuman yang kelihatannya baik, ternyata jika dikonsumsi ketika flu bisa saja membuat flu yang terjadi semakin parah.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari ketika flu:

1. Kafein

Kafein identik dengan kopi. Kandungan kafein yang tinggi pada kopi dapat membuat tubuh dehidrasi, sedangkan orang yang mengalami flu membutuhkan banyak cairan. Solusinya Anda dapat memperbanyak minum air putih atau teh herbal agar tubuh kembali sehat. Selain kopi, minuman bersoda juga mengandung kafein sehingga harus dihindari ketika flu. Soda dapat membuat tenggorokan gatal sehingga membuat Anda semakin tidak nyaman saat flu.

2. Gorengan
Gorengan memiliki kandungan minyak yang tinggi. Gorengan juga dapat memperlambat proses pencernaan karena kandungan lemaknya. Hal ini dapat mempersulit tubuh mengeluarkan virus flu yang bersarang. Segala makanan yang digoreng umumnya mengurangi nutrisi pada makanan tersebut, sedangkan jumlah kalorinya bertambah sehingga tidak sehat untuk pencernaan.

3. Susu
Susu merupakan minuman sehat yang baik untuk tulang dan gigi. Namun ketika flu, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi susu. Susu dapat memperbanyak dahak pada tenggorokan yang menyebabkan rasa gatal. Susu juga dapat membuat lendir pada paru-paru yang menjadikan virus flu bertahan lebih lama karena kondisi yang lembab dan hangat.

4. Daging
Konsumsi daging sebaiknya dihindari ketika flu. Kandungan lemak pada daging dapat memperlambat proses penyembuhan dari penyakit. Daging yang digoreng juga dapat membuat tenggorokan gatal karena kandungan minyaknya yang tinggi. Ketika flu, sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayuran untuk mempercepat proses penyembuhan.

Meskipun sepele, tetapi sebaiknya Anda tidak meremehkan penyakit flu. Lakukan cara yang tepat untuk mengobati flu agar tidak semakin parah. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)