Makanan dan Minuman Penyebab Noda Gigi

21 Desember 2010 Artikel Kesehatan


Dalam keseharian, kita banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang terkadang menyebabkan suatu hal yang tidak diinginkan, salah satunya noda pada gigi. Untuk meminimalisirnya, berikut ini fakta seputar makanan dan minuman yang bisa menyebabkan noda gigi.

1. Teh
Walau teh memiliki reputasi sebagai minuman sehat, tapi ini bukanlah pilihan terbaik untuk menjaga agar gigi Anda tetap putih. Dikatakan dokter gigi, teh bisa menyebabkan noda lebih dari kopi. Meski begitu, studi terbaru menemukan bahwa teh herbal dan teh putih berpotensi mengikis enamel dan menyebabkan pewarnaan gigi.

2. Saus
Saus mungkin akan menambah kelezatan menyantap suatu makanan, tetapi saus (saus tomat dan saus kari) diyakini berpotensi menyebabkan pewarnaan gigi yang signifikan. Pertimbangkan untuk memilih saus krim ringan untuk meminimalisasi kerusakan. Atau segera sikat gigi setelah makan, ini untuk mengurangi potensi noda gigi.

3. Minuman energi
Makanan dan minuman asam juga bisa menyebabkan perubahan warna gigi. Penelitian terbaru menemukan bahwa minuman yang sangat asam seperti minuman energi dapat mengikis enamel gigi yang bisa menyebabkan pewarnaan gigi. Sebagai saran, ketika berolahraga sebaiknya membatasi asupan minuman ini dan air putih bisa jadi pilihan yang lebih baik.

4. Anggur
Jika makanan atau minuman bisa menodai taplak meja, ia memiliki potensi untuk menodai gigi Anda. Anggur merah, minuman asam dengan molekul pigmen yang disebut tanin dan chromogens, terkenal bisa menyebabkan perubahan warna gigi. Anggur putih bahkan lebih asam dan juga dapat menyebabkan noda pada gigi.

5. Beri
Blueberi, blackberi, ceri, buah delima, dan buah-buahan berwarna lainnya dapat menyebabkan noda gigi. Jus dan kue yang terbuat dari buah-buahan tersebut juga bisa menyebabkan noda. Tetapi zat asam masih dapat membahayakan enamel, jadi pastikan untuk segera menyikat gigi.

6. Soda, kola dan minuman berkarbonasi lainnya
Asam dan chromogens dalam minuman dapat menyebabkan pewarnaan gigi yang serius. Bahkan soda berwarna terang yang mengandung asam dapat mendorong pewarnaan dari makanan dan minuman lain.

Keasaman dalam minuman berkarbonasi begitu kuat bahkan dibandingkan dengan keasaman pada asam baterai. Banyak dari minuman jenis ini mengandung rasa aditif yang menambah efek erosif.

7. Permen dan makanan manis
Permen, permen karet, atau es loli yang bisa mengubah warna lidah Anda, mungkin mengandung zat yang menyababkan pewarnaan gigi.

Sumber: mediaindonesia.com