Makanan dan Katarak

21 Juni 2010 Artikel Kesehatan


ADA beberapa jenis makanan sehat yang dapat membentengi kita dari penyakit mata katarak. Tetapi, ada juga obat-obat tertentu yang justru meningkatkan risiko terserang penyakit
penyebab kebutaan itu.

Fakta itu terungkap dalam dua studi terpisah yang di gelar di AS. Studi pertama, penelitian terhadap 1.808 perempuan yang mengonsumsi makanan kaya vitamin dan mineral, menunjukkan mereka berpeluang lebih kecil terserang katarak. ''Hasil studi ini mengindikasikan makanan sehat... terkait lebih kuat dengan rendahnya kasus katarak,'' terang pemimpin penelitian Julie A. Mares dari Universitas Wisconsin.

Studi kedua yang diketuai Dr. Barbara E.K. Klein dari universitas yang sama menemukan obat-obatan yang meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari termasuk antidepresan, diuretik, antibiotik, dan peringan rasa sakit naproxen sodium memperbesar risiko terserang katarak.

Riset terhadap 4.926 orang selama 15 tahun itu menyimpulkan interaksi antara obat-obatan itu dan paparan sinar matahari berkaitan dengan katarak. Obat-obatan tersebut diduga dapat memengaruhi mata sebagaimana halnya juga kulit. (EP/HealthDay News/X-8)

Sumber: mediaindonesia.com