Makan Telur Setiap Hari, Sehat Kah?

8 Agustus 2019 Artikel Kesehatan


Sering sekali kita sarapan dengan hidangan telur. Sebagai makanan kaya protein, banyak orang beranggapan bahwa sering konsumsi telur bahkan setiap hari baik bagi kesehatan. Namun, benarkah demikian?

Beberapa orang mengkaitkan telur dengan masalah kesehatan seperti masalah kolesterol dan diabetes. Walaupun begitu, berbagai riset mengungkapkan bahwa konsumsi sejumlah telur setiap hari relatif aman bagi orang dewasa sekalipun. Bahkan telur dapat mengimbangi jumlah kolesterol jahat dalam aliran darah.

Batas konsumsi telur per hari Anda pun tergantung pada beberapa faktor, antara lain riwayat kesehatan, kelamin, dan aktivtas fisik. Namun secara umum, rekomendasi konsumsi telur adalah 4 butir per minggu.

Untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal saat mengonsumsi telur, Anda perlu membatasi asupan kolesterol dari sumber lain. Selain itu, ganti sajian daging dengan sajian sayur-sayuran dan hindari susu yang tinggi lemak.

Kandungan gizi pada telur terdiri dari protein dan kalsium dalam kadar yang tinggi, serta mengandung vitamin dan mineral penting. Sebutir telur rebus ukuran besar mengandung 78 kalori, 6,29 gram protein, 25 mg kalsium, 0,59 besi, dan 112,7 mcg kolin. Selain itu, sebutir telur juga mengandung 22 mcg folat, 260 IU vitamin A, 44 IU vitamin D, dan 176 mcg lutein dan zeaxanthin, serta sejumlah kecil vitamin B kompleks.

Jika Anda menyukai telur tetapi tidak ingin tambahan kolesterol, maka Anda hanya perlu makan putih telur dan menyingkirkan kuning telurnya. Sebab putih telur tidak mengandung kolesterol.

Telur yang dimasak dengan digoreng tidak baik untuk kesehatan jantung, maka dari itu sebaiknya olah telur dengan direbus.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)