Makan Pisang Setiap Hari dan Dapatkan Manfaat Sehatnya!

16 September 2019 Artikel Kesehatan


Pisang merupakan buah yang menjadi favorit bagi banyak orang. Selain rasanya yang manis, pisang kaya akan vitamin dan mineral. Meskipun cukup digemari, banyak orang masih belum mengetahui banyaknya manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi buah kuning ini.

Penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi 2 buah pisang setiap hari dapat menjaga tubuh tetap fit. Ada juga manfaat - manfaat lain yang bisa didapat, yaitu:

1. Mencegah anemia
Pisang kaya akan zat besi yang dapat merangsang hemoglobin dalam darah. Hal ini tentu membantu Anda terhindar dari anemia. Buah tropis ini juga sangat tinggi kalium namun rendah garam sehingga dapat menjaga tekanan darah dan menurunkan risiko tekanan darah dan stroke.

2. Menjaga kesehatan jantung
Selain zat besi, pisang juga kaya akan potasiumnya. Dengan kadar potasium mencapai 400 mg, buah ini termasuk buah wajib konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Potasium juga dikenal baik untuk mencegah kram otot.

3. Menghilangkan depresi
Siapa sangka bahwa pisang ternyata bisa mengobati depresi. Menurut sebuah survey, pasien yang menderita depresi akan merasa lebih baik setelah mereka makan pisang. Ini disebabkan karena pisang mengandung trytophan, yaitu sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin yang dipercaya membuat seseorang menjadi rileks, memperbaiki mood dan membuat seseorang lebih bahagia.

4. Pereda maag
Pisang juga dikenal sebagai buah yang baik bagi pencernaan lantaran teksturnya yang lembut dan halus. Pisang dapat menetralisasi zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi bagian dalam perut.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)