Makan Jadi Banyak Karena PMS

16 Maret 2011 Artikel Kesehatan


Kita mungkin termasuk yang sering mengalaminya. Beberapa hari menjelang menstruasi, nafsu makan tiba-tiba melonjak. Akibatnya, berat badan bertambah 1-2 kg selama kita datang bulan. Sebagian orang boleh menganggap ini alasan yang dibuat-buat, namun, para peneliti menganggap kedua hal itu saling berkaitan.

Hasil studi terbaru memperlihatkan bahwa umumnya wanita mengonsumsi kalori 15 persen lebih banyak daripada biasanya, saat ia memasuki fase datang bulan, atau sekitar dua minggu sebelum mens hari pertama. Ini terjadi karena level estrogen yang berfungsi menekan nafsu makan kita tengah menurun. Di sisi lain, progesteron di tubuh kita meningkat, sehingga metabolisme menjadi lebih cepat. Namun, perubahan kondisi hormon itu tetap tak mampu membakar banyaknya ekstra kalori yang kita konsumsi, kecuali kita menambah waktu olahraga.

Untuk mencegah berat badan terus meningkat, ikuti saran dari Sari Greaves, RD, juru bicara American Dietetic Association ini. Kita tetap boleh ngemil, tapi pilih yang rendah kalori. Contohnya, yogurt bebas lemak dilengkapi dengan buah beri, seporsi buah ditambah satu lembar keju, atau dark chocolate sebanyak 30 gr per konsumsi.

Sumber: kompas.com