Madu Makanan untuk Kulit dan Rambut

30 September 2009 Artikel Kesehatan


Kulit

Honey Bath: Tambahkan 1/4 cangkir madu ke dalam bak mandi Anda. Cara ini bisa membantu Anda mendapatkan kulit lembut yang cerah bercahaya.

Honey Cleansing Scrub: Campurkan satu sendok makan madu dengan dua sendok makan almond yang telah dihaluskan serta sari dari 1/2 buah lemon. Oleskan perlahan ke seluruh permukaan wajah. Kemudian bersihkan dengan air hangat.

Skin Toner: Haluskan satu buah apel dan satu sendok makan madu dengan menggunakan blender. Kemudian oleskan campuran ini ke muka dan biarkan selama 15 menit. Bersihkan dengan air dingin. Cara ini dinyatakan efektif untuk mengencangkan kulit wajah.

Firming Face Mask: Buatlah pasta dengan memadukan satu sendok makan madu, satu putih telur, satu sendok teh glycerin dan tepung secukupnya (kira-kira untuk menghasilkan 1/4 cangkir pasta). Selanjutnya oleskan secara perlahan ke seluruh wajah dan tenggorokan. Biarkan selama 10 menit. Kemudian bersihkan dengan air hangat.

Smoothing Skin Lotion: Campurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok teh minyak sayur serta 1/4 sendok teh sari jus lemon. Gosokkan ke tangan, siku, tumit dan area kulit yang terasa kering. Jika Anda memiliki tipe kulit kering, ambillah satu sendok makan madu dan satu sendok teh susu. Campurkan hingga padu kemudian oleskan ke seluruh wajah. Biarkan selam 10 menit kemudian bersihkan dengan air hangat. Cara ini dinyatakan sangat efektif untuk melembutkan kulit.

Rambut

Hair Shine: Campurkan satu sendok teh madu ke dalam 4 cangkir air hangat. Anda juga bisa menambah sari dari satu jeruk lemon. Setelah keramas, tuangkan campuran ke rambut. Jangan dicuci dan biarkan mengering dengan normal.

Hair Conditioner: Campurkan setengah cangkir madu dengan dua sendok makan minyak zaitun. Jika rambut Anda sangat kering, tambahkan 3 sendok makan minyak zaitun. Selanjutnya bagilah rambut Anda menjadi bagian-bagian kecil dan lapisi dengan campuran tersebut. Setelah mengoleskan ke seluruh rambut, tutuplah rambut dengan shower cap. Selain menghindari ceceran campuran, cara ini juga berfungsi menahan panas dari kulit kepala, yang penting untuk memaksimalkan penyerapan minyak. Biarkan selama 1/2 jam dan selanjutnya cucilah hingga bersih.

Daya penyembuh lainnya. Selain itu, madu juga diklaim:

Aman untuk kulit sensitif dan efektif meremajakan kulitMenutrisi dan melembutkan kulitTidak mengiritasi kulitMemutihkan kulitSebagai antioksidan alamiMenyembuhkan dan mencegah jerawat (OL-08) sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat