Lingkungan Bisa Jadi Pemicu Anak Obesitas

9 September 2009 Artikel Kesehatan


WASHINGTON-Faktor lingkungan merupakan salah satu dalang utama penyebab obesitas pada anak. Sebabnya, perlu dan harus dilakukan langkah-langkah pencegahan guna menghindarkan pengaruh negatif lingkungan dalam membentuk obesitas pada anak. Sebagai contoh, menaikan pajak khusus makanan khusus cepat saji.

Meskipun pada dasarnya, selera makan tergantung setiap individu akan tetapi lingkungan turut andil menciptakan beberapa pilihan pada anak terhadap makanan yang disukainya. Sebab itu, pemerintah lokal dan pusat harus bersinergi guna membuat kemudahan kepada setiap keluarga untuk membuat pilihan kesehatannya.

"Di beberapa komunitas, mungkin saja mudah menjalanka langkah-langkah kesehatan ketimbang tempat lain," tukas Dr. Eduardo, Kepala Rumah Sakiit Blue Cross and Blue Shiled Of Texas, seperti yang dikutip AP, Senin (7/9) waktu setempat. Sebab itu, menurut dia, langkah individu untuk memulainya bisa membuat perbedaan besar dan satu waktu akan membawa masyarakat menuju ke arah yang benar.

Seperti diketahui, 2/3 dari penduduk AS mengalami obesitas dan kecenderung obesitas pada anak meningkat tiga kali lipat dari 3 dekade terakhir. Sekitar 18 dari anak remaja sekarang menderita obesitas dan para dokter di AS kini merasa khawatir bahwa generasi yang sekarang tumbuh tak lama lagi lepas dari pengawasan orang tua.

Banyak cara yang bisa dilakukan guna mencegah obesitas. Akan tetapi, keberadaan peraturan pemerintah terkadang bersebarangan dengan keinginan masyarakat untuk menciptakan lingkungan sehat. Akibatnya, arah menuju pencegahan obesitas cenderung melambat. Sebagai contoh, pemerintah AS lebih memilih mendirikan bangunan resto dengan bahan baku yang menyehatkan ketimbang menaikan pajak resto cepat saji. cr2/rin

Sumber: Republika Online