Lima Tips Menjaga Kelembapan Rambut

7 Juli 2010 Artikel Kesehatan


RAMBUT yang kehilangan kelembapan bisa berubah rapuh, kusam, dan tidak bersinar. Anda perlu melakukan perawatan ekstra untuk menjaga mahkota tersebut tetap sehat bercahaya.

Rambut bisa dengan mudah mengalami dehidrasi karena terpapar sinar mentari, klorin, atau air garam. Selain itu, temperatur rendah juga bisa membuat rambut kering.

Untuk menjaga rambut tetap sehat, berkilau, dan terhidrasi sepanjang waktu, lakukan perawatan berikut ini:

Deep conditioning
Jika Anda memiliki rambut kering, lakukan perawatan deep conditioning minimal satu kali dalam seminggu. Diamkan kondisioner selama 15-30 menit setiap kali perawatan, agar meresap dengan baik ke setiap helai dan folikel rambut. Temukan produk yang mengandung protein, minyak zaitun, dan bahan pelembap lainnya.

Moisturizing shampoo
Keramas menggunakan shampoo bisa menghilangkan minyak dan kelembapan alami rambut. Untuk menyegarkan dan menghidrasi rambut, gunakan shampoo khusus untuk rambut kering yang mencantumkan kata 'moisturizing' atau 'replenishing' pada labelnya.

Hindari produk yang mengandung alkohol, karena akan memperparah kekeringan rambut. Moisturizing shampoo mengandung minyak dan bahan dasar lainnya, yang membantu memerangkap kelembapan di batang rambut ketika keramas.

Pengeringan natural
Blow dryer, flat iron, dan berbagai peralatan penataan rambut lainnya yang menggunakan panas, bisa menyebabkan rambut kering, rapuh, dan rusak. Jika mungkin, hindari penggunaan blow dry sama sekali untuk mengeringkan rambut. Sebaliknya, biarkan rambut mengering secara alami.

Jika Anda diburu waktu, keringkan rambut sebisa mungkin menggunakan handuk, sebelum mengeringkannya dengan blow dyrer. Tapi, jangan terlalu kasar menggosokkan handuk ke atas rambut, karena bisa membuatnya rusak.

Menyikat rambut
Menyikat rambut secara keseluruhan dua kali sehari, membantu mendistribusikan minyak dari kulit kepala ke batang rambut. Pilih sikat dengan bulu sikat lembut, dan jangan menarik atau menyentak rambut ketika menyikatnya.

Sikat rambut secara lembut dengan gerakan panjang dari pangkal hingga ke ujung. Menyikat rambut akan menstimulasi kulit kepala, dan meningkatkan minyak alami rambut yang membuat rambut bersinar alami. Tapi, hindari menyikat rambut dalam keadaan basah. Sebaiknya, gunakan sisir bergigi jarang untuk memisahkan rambut setelah keramas.

Diet seimbang
Diet sehat bukan hanya baik bagi tubuh, melainkan juga berpengaruh terhadap keindahan rambut. Diet seimbang yang memasukkan banyak sayuran hijau, buah-buahan, biji-bijian utuh, protein dan lemak sehat, memberikan manfaat baik untuk rambut. Makanan kaya protein, termasuk yang mengandung vitamin A, B, C, E, dan K khususnya baik untuk rambut.

Sebagai tambahan, konsumsi makanan yang kaya silika, seperti kentang, asparagus, mentimun, dan paprika, untuk membuat rambut kuat, sehat, dan bercahaya.(LI/X-12)