Lima Makanan Penangkal Flu

21 September 2010 Artikel Kesehatan


Musim pancaroba bisa membuat tubuh rentan terhadap flu. Untuk membantu mempertahankan kesehatan dan sistem kekebalan yang kuat, pastikan tubuh mendapatkan cukup asupan vitamin C, yang juga berguna dalam membantu penyerapan zat besi.

Vitamin C merupakan sekutu terbaik untuk menangkal flu. Bersama kalsium dan zat besi, vitamin C merupakan bagian penting dari diet untuk melawan keracutan timah.

Dosis harian vitamin C yang dianjurkan untuk lelaki dewasa adalah 90 mg, sedangkan untuk perempuan dewasa sebanyak 75 mg. Nah, dapatkan asupan vitamin C yang cukup setiap hari dengan mengonsumsi lima makanan kaya vitamin C berikut ini:

Jambu biji
Jambu biji kaya akan vitamin C. Satu setengah cangkir jambu biji mengandung 188 mg vitamin C dan 56 kalori. Makan buah ini mentah-mentah.

Paprika merah manis
Anda mungkin akan langsung memikirkan jeruk ketika berbicara soal vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tapi, paprika merah ternyata menawarkan dosis vitamin C yang lebih tinggi. Satu setengah cangkir paprika merah manis mentah mengandung 142 mg vitamin C (lebih banyak dibandingkan jeruk ukuran sedang) dan 20 kalori. Jika dimasak, misalnya pada pizza, setengah cangkirnya mengandung 116 vitamin C.

Anda juga dapat memotong-motong paprika merah untuk disantap sebagai salad.

Kiwi
Kiwi yang menjadi lambang Selandia Baru merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Satu mangkuk sedang kiwi mengandung 70 mg vitamin C dan 46 kalori. Buah ini biasanya dimakan mentah, tapi Anda selalu bisa membuatnya menjadi makanan pencuci mulut khas Selandia Baru, Pavlova, yang di atasnya ditutupi kiwi.

Stroberi
Selain penuh dengan serat dan antioksidan, stroberi juga kaya akan vitamin C. Setengah cangkir stroberi mengandung 49 mg vitamin C dan 27 kalori. Jika udara agak dingin, coba sajian stroberi yang lebih hangat seperti dihidangkan bersama crepes.

Kubis
Sayuran ini mungkin bukan makanan yang paling digemari anak-anak. Tapi, brokoli merupakan makanan super yang mengandung 48 mg vitamin C, 300 ug vitamin K, dan 28 kalori. (LI/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com