Letak Jerawat Diwajah Bisa Menditeksi Penyakit di Tubuh Loh!

12 Juni 2015 Artikel Kesehatan


Siapa sih yang tidak kesal dengan jerawat perusak penampilan yang hinggap di wajah? Jerawat diwajah memang mengganggu penampilan, tetapi lebih dari itu ternyata letak jerawat diwajah dapat dijadikan indikasi untuk mendeteksi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menurut ahli medis, beberapa dermatologis bisa mendiagnosa masalah kesehatan hanya dengan melihat wajah. Hal ini dilakukan dengan menggunakan teknik pemetaan wajah. Yaitu metode yang populer dalam pengobatan Cina kuno untuk mengungkap masalah tubuh dari dalam, termasuk yang terjadi di balik kulit seseorang.

Berikut rincian pemetaan wajah yang akan mengungkap masalah kesehatan di balik letak jerawat:
1. Sepanjang Alis

Jerawat di daerah sekitar mata dan alis disebabkan sirkulasi darah yang buruk, masalah kandung empedu atau diet terlalu tinggi lemak, juga makanan olahan atau alkohol. Asupan air yang cukup bisa mengatasi masalah ini.

2. Hidung
Jerawat di hidung disebabkan oleh pola makan yang buruk, sembelit, kembung, ketidakseimbangan pencernaan, gangguan pencernaan dan juga sirkulasi darah yang buruk. Vitamin B, makanan rendah penyedap, dan sering memijat pelan daerah hidung bisa membantu mengurangi jerawat di bagian tersebut.

3. Dagu
Jerawat di bagian ini menandakan masalah hormonal, masalah ginekologi, ketidakseimbangan ginjal, dan kulit terkontaminasi kotornya tangan atau jenis pasta gigi tertentu. Istirahat dan asupan air yang cukup bisa mengatasinya. Anda juga bisa mengonsumsi omega-3 untuk menjaga hormon tetap seimbang, dan jangan banyak menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan.

4. Telinga
Telinga berhubungan erat dengan ginjal. Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik dan kekurangan nutrisi serta air, maka jerawat bisa terus muncul. Untuk menghindarinya, coba kurangi konsumsi berlebih kafein dan garam.

5. Dahi
Jerawat di dahi menandakan Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. Jadi kurangi konsumsi junk food dan perbanyak makanan yang menyegarkan seperti mentimun.

6. Bibir
Jerawat di bibir dan sekitarnya menandakan Anda mengalami sembelit, terlalu sering makan pedas atau digoreng, dan merupakan reaksi dari pasta gigi tertentu. Atasi masalah ini dengan meningkatkan asupan serat terutama lewat sayuran dan buah-buahan.

7. Pipi
Alergi dan dampak merokok bisa membuat pipi timbul jerawat. Selain itu, tubuh yang kepanasan dan kadar asam yang terlalu tinggi juga bisa jadi penyebab jerawat di pipi. Perbanyak makan sayur dan buah segar jika ingin segera menghilangkan jerawat di pipi.

Itulah beberapa cara mendeteksi kesehatan dari letak jerawat di wajah. Semoga bermanfaat!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)