Lebih Suka Berdiam Diri di Rumah? Waspadai Beberapa Bahaya Kesehatan Berikut Ini!

18 Juni 2016 Artikel Kesehatan


Menghabiskan waktu seharian di rumah dan enggan beraktivitas di luar? sebaiknya Anda mulai waspada akan dampak kesehatan yang akan dialami. Menurut penelitian terbaru, melakukan aktivitas seharian penuh di dalam ruangan justru akan membuat tingkat stres, rasa cemas dan insomnia meningkat.

Menurut Kenneth Wright, kepala Sleep and Chronobiology Laboratory University of Colorado, tubuh sebenarnya membutuhkan sinar matahari yang fungsinya untuk untuk mengatur kembali jam tidur alam bawah sadar (ritme sirkardian), mengatur mood dan energi tubuh. Maka dari itu, berdiam diri di rumah seharian penuh akan membuat Anda melewatkan banyak hal seperti asupan vitamin D dari sinar matahari.

Tak hanya itu, dampak lain dari banyak menghabiskan waktu di dalam rumah juga akan memicu obesitas, diabetes, depresi dan berbagai penyakit lainnya. Maka dari itu, melakukan aktivitas keluar rumah adalah salah satu obat yang membuat Anda merasakan manfaat udara segar dan sinar matahari. Hal ini idealnya bisa Anda lakukan paling tidak 45 menit setiap paginya.

Manfaat lain dari melakukan aktivitas di luar yang terkena sinar matahari juga bisa meningkatkan vitalitas tubuh, kekebalan tubuh terhadap penyakit secara fisik dan mental.

Maka dari itulah, mengapa Anda perlu untuk melakukan aktivitas di luar. Yuk, beraktivitas di luar rumah!

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)