Lebih Sehat Makan 8 Buah Sehari?

2 Februari 2011 Artikel Kesehatan


Sebuah nasihat mengenai memakan lima porsi buah dan sayuran setiap hari untuk kesehatan ternyata dianggap sudah ketinggalan zaman. Melalui sebuah penelitian para ilmuwan sepakat, menambah jumlah porsi buah sebanyak delapan buah untuk dapat hidup sehat.

Sebuah penelitian di Eropa yang mempelajari gaya hidup sehat dari sekitar 300.000 orang di delapan negara mencoba mendukung teori tersebut. Dihasilkan sebuah data kalau orang-orang yang memakan delapan buah porsi yang segar setiap harinya memiliki peluang besar untuk terhidar dari penyakit jantung, dengan persentase mencapai 22 persen.

Namun, dalam studi tersebut juga diketahui kalau sebanyak 1.636 peserta meninggal dunia karena terserang penyakit jantung. Hanya saja jumlah ini hanya sebesar satu setengah persen. Hanya saja mereka-mereka yang meninggal dunia ini, juga menjalani gaya hidup yang tak sehat, seperti merokok dan juga memakan makanan siap saji.

Memang bisa ditarik kesimpulan awal, kalau kita memakan lebih banyak buah dan sayur-sayuran dapat meminimalkan risiko terserang penyakit jantung. Sayuran dan buah menawarkan kandungan vitamin, hanya saja tubuh Anda juga harus dapat menyerap vitamin tersebut dengan tambahan lemak, yang bisa di dapat dari mentega atau minyak zaitun (olive oil).

Hasil ini diperoleh dari penelitian terhadap sebanyak 500.000 orang selama delapan tahun. Dilaporkan dari penelitian tersebut, kalau memakan buah dan sayuran tak menjamin kita terbebas dari tumor, kanker prostat, dan penyakit lainnya. Sehingga orang-orang yang memakan banyak buah dan sayuran setiap harinya juga memiliki risiko yang sama terkena kanker dari orang-orang yang makan sedikit buah dan sayuran setiap harinya.

Buah mengandung fructose atau gula buah dalam level yang tinggi. Selain itu fructose juga dikenal sebagai karbohidrat gemuk yang tidak bisa dimetabolismekan tubuh seperti glukosa yang dapat cepat menjadi energi. Buah juga hanya bagus untuk satu dari 13 vitamin yang ada, yakni vitamin C.

Sedangkan sayuran menawarkan vitamin K1 dan vitamin A. Hanya saja vitamin A dan K yang baik, justru ditawarkan dari makanan hewani seperti daging, ikan, telur dan produk yang terbuat dari susu. Bahkan lebih banyak vitamin A yang ditawarkan dengan mengonsumsi hati hewan dibandingkan buah apel. Jadi tampaknya pepatah Barat mengenai makan apel sehari mampu menjauhkan Anda dari Dokter sudah saatnya diubah.

Sumber: suarapembaruan.com