Lebih Sehat dengan Menaruh Tanaman Hias di Meja Kerja

10 Februari 2015 Artikel Kesehatan


Menciptakan suasana sehat nan asri merupakan kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh dan tentunya mendatangkan banyak manfaat. Tak terkecuali suasana sehat di meja kerja kantor. Studi terbaru menyatakan bahwa dengan menaruh pot tanaman hias dalam ruang kantor dapat mengurangi rasa lelah, stres, sakit tenggorokan, sakit kepala dan bahkan batuk.

Dengan adanya pemandangan tanaman hijau di meja, hal ini dapat mempengaruhi produktivitas dan kreativitas Anda dalam melakukan sesuatu. Seperti dilansir dari philstar.com, berdasarkan studi yang dilakukan oleh pakar psikologi lingkungan, dr Tina Bringslimark dari Norwegian University of Life Science.

Studi yang melibatkan 385 pekerja kantoran ini mengacu pada tingkat izin sakit dan jumlah tanaman, yang bisa dilihat dari meja mereka. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa, semakin banyak tanaman yang mereka lihat, mereka menjadi jarang sakit. Tanaman dan mikroba dalam tanah, ternyata baik untuk menyingkirkan komponen organik yang bisa mempengaruhi kesehatan.

Dalam laporan yang dikemukakan oleh Washington State University, menjelaskan jika, tanaman di dalam pot, bermanfaat bagi para pekerja yang memiliki ruangan kantor yang tidak berjendela.

Studi ini juga membuktikan, bahwa kadar debu dalam ruang kerja bisa dikurangi hingga 20% jika menempatkan tanaman hijau dalam pot.

Lalu, jenis tanaman apa saja sih yang cocok menjadi tanaman hias di meja kerja Anda?

Zamio

Tumbuhan dengan nama Latin Zamioculcas zamiifolia ini justru akan tumbuh subur dalam keadaan minim pasokan air dan cahaya. Strukturnya yang unik dapat memberikan sentuhan tersendiri pada ruang kerja anda.

Lidah Mertua

Tanaman dengan nama yang cukup unik ini menjadi salah satu tanaman hias favorit di Indonesia ini akan tetap tumbuh subur meski jarang dirawat. Warnanya yang cerah dan bentuknya yang unik akan memperindah dinamika ruang kerja anda.

Sirih Belanda

Mempunyai nama latin Scindapsus aureus, jenis tanaman ini tak hanya kuat dalam berbagai kondisi lingkungan dan cuaca, namun juga dapat meyerap gas beracun yang ada di udara seperti benzene dan formaldehida, begitu juga dengan karbonmonoksida. Bentuknya yang menjalar dan cantik akan menghiasi ruangan anda dengan nuansanya yang antik.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)