Laptop Bikin Sperma Rusak

10 November 2010 Artikel Kesehatan


Berhati-hatilah para pria, terutama bagi mereka yang kerap menggunakan laptop dengan posisi di pangkuan. Setelah diteliti, kebiasaan itu ternyata bisa menimbulkan risiko pada tingkat kesuburan atau fertilitas kaum adam.

Studi yang digelar oleh Fertility and Sterility itu telah menemukan bahwa pria yang lebih memangku laptop ketimbang meletakkannya di meja berisiko mengalami penurunan pada kualitas sperma. Hal itu disebabkan, panas dari laptop akan menjalar ke alat vital sehingga akan merusak sperma.

Dalam studi yang telah dilakukan, bahkan mereka yang menggunakan tatakan laptop atau bantalan pemisah antara laptop dan alat vital juga tetap berisiko karena alat vital mereka akan tetap terbakar selang waktu 10 menit.

Para ilmuwan juga mencatat adanya hasil penelitian lain bahwa pemanasan skrotum lebih dari 1,8 derajat celsius akan merusak sperma. Setelah 1 jam, suhu tubuh sebanyak 29 pria yang bekerja dengan laptop di pangkuan mereka akan meningkat lebih dari 4 derajat celsius.

Meski begitu, Yefim Sheynkin, ilmuwan senior dan ahli urologi dari Universitas New York, masih belum yakin bahwa kebiasaan ini merupakan penyebab ketidaksuburan pada pria.

Sumber: mediaindonesia.com