Lapar Ketika Kenyang? Ini Penyebabnya.

2 Agustus 2012 Artikel Kesehatan


Lapar merupakan hal yang alami karena setiap orang pasti pernah mengalaminya. Ketika orang lapar, tubuh akan memberikan sinyal ke otak apa yang harus dilakukan untuk menjawab sinyal tersebut.

Ya, makan adalah jawabannya. Makan adalah rutinitas yang wajib dipenuhi karena kalau tidak, maka hal buruk akan terjadi pada tubuh seperti sakit.

Setelah makan pasti anda merasa kenyang. Tetapi sebagian orang pasti belum kenyang. Apa penyebabnya? Nah .. ternyata penyebabnya adalah beberapa nutrisi ada yang belum terpenuhi. Ada beberapa penyebab anda masih tetap lapar setelah makan.

1. Dehidrasi
Saat anda kekurangan cairan dalam tubuh, tubuh akan mengirim sinyal hal ini akan persis sama jika tubuh memerlukan makanan ketika lapar. Jika anda sudah makan tetapi tetap lapar, cobalah minum air putih yang banyak karena mungkin bisa jadi tubuh kekurangan cairan.

2. Suka makanan berkaleng
Sebagian besar makanan kaleng menggandung bahan kimia yang menyebabkan hormon menjadi abnormal yaitu Bisphenol - A sehingga memicu rasa lapar yang berlebihan dan membuat berat badan anda bertambah.

4. Hobi minum soda
Minuman yang menggandung fruktosa seperti soda, teh dan makanan lain yang memakai gula akan merangsang ke otak dan menghipnotis otak untuk makan yang berlebihan bahkan sampai anda sendiri kenyang.

5. Jarang mengonsumsi sayuran dan buah
Didalam sayuran terdapat folat yang bermanfaat untuk mengatasi kecapaian, depresi dan kegemukan. Sayuran juga menggandung vitamin K untuk mencegah rasa lapar datang lagi ketika anda sudah kenyang.

Dari sekarang konsumsilah makanan yang menggandung serat yang dapat dicerna oleh tubuh sehingga tubuh tidak akan kegemukan sehingga tubuh sehat dan nutrisinya terpenuhi.

(Dikutip dari berbagai sumber)