Langkah Sederhana untuk Mencapai Tubuh Sehat

8 Februari 2019 Artikel Kesehatan


Hidup sehat merupakan keinginan semua orang. Namun, kesehatan tidak diperoleh begitu saja. Kita perlu mempraktikkan gaya hidup sehat setiap hari. Mendapatkan tubuh sehat sebenarnya bukan perkara yang sulit. Semua tergantung pada kedisiplinan diri untuk menerapkan pola hidup sehat. Jika kita mau melakukannya, kita bisa mendapatkannya dengan mudah tanpa biaya yang mahal. Berikut langkah sederhana yang bisa Anda lakukan agar hidup Anda sehat;

Langkah pertama dalam mencapai hidup sehat adalah olahraga. Olahraga adalah hal termudah untuk dilakukan agar tubuh tetap sehat. Jenis olahraga yang dilakukan untuk membantu pembakaran metabolisme didalam tubuh. Manfaat dari olahraga antara lain sebagai berikut:
  1. Mengurangi resiko penyakit jantung, stroke dan diabetes.
  2. Meningkatkan kemampuan untuk bergerak.
  3. Tetap menjaga fleksibilitas tubuh seiring dengan pertambahan usia.
  4. Menjaga kepadatan tulang.
  5. Mencegah osteoporsis.
  6. Meningkatkan mood dan mengurangi gejala depresi.
  7. Meningkatkan kemampuan otak pada orang usia lanjut.


Langkah kedua adalah melakukan gerakan ringan, yaitu mengurangi berat tubuh, tanpa harus melakukan olahraga yang berat. Jika belum siap untuk melakukan program yang terjadwal, lakukan gerakan ringan terlebih dahulu. Kegiatan untuk melakukan gerakan ringan antara lain sebagai berikut.

  1. Matikan televisi, bermainlah bersama teman, keluarga dan beraktifitas apa saja daripada duduk terdiam sambil menonton televisi.
  2. Cobalah untuk menyempatkan diri untuk berjalan kaki, tidak peduli berapa lama dan berapa jauh.
  3. Melakukan kegiatan di rumah seperti membersihkan lantai rumah, merapikan dan menyapu di halaman rumah.
  4. Berjalanlah sedikit ketika berbicara, misalkan sedang menelpon seseorang atau berbicara dengan orang lain, lakukan sambil berjalan kecil.
  5. Buatlah jadwal untuk bergerak ringan daripada menghabiskan waktu duduk berdiam diri.


Langkah ketiga adalah makan yang cukup. Makan dengan gizi seimbang dan cukup adalah salah satu penunjang untuk hidup sehat. Makanan yang harus ada dalam daftar menu sebagai berikut.

  1. Makan lebih banyak buah-buahan.
  2. Lebih banyak mengkonsumsi sayur-mayur.
  3. Makanlah makanan yang rendah lemak, seperti mengganti yang manis-manis dengan menggunakan gula rendah kalori. Meminum susu yang rendah lemak.
  4. Menyiapkan makanan pengganti, maksudnya di sini jangan terus-menerus mengkonsumsi makanan yang sama. Misalkan, ikan diganti daging, nasi diganti gandum dan begitu pula sebaliknya.


Untuk membuat hidup menjadi lebih sehat, lakukan perubahan kecil terlebih dahulu. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)