Langkah Ampuh Menghilangkan Rasa Cemas Berlebih

21 Februari 2018 Artikel Kesehatan


Masalah emosional dan mental sulit untuk didefinisikan dan dijelaskan. Seperti rasa kecemasan. Kecemasan adalah salah satu bentuk emosi negatif. Baik bersifat rasional maupun irasional, kecemasan bisa menjadi persoalan tersendiri bagi yang mengalaminya.

Kecemasan akan tidak sehat atau berlebihan ketika perasaan itu berhenti membuat kita bertindak. Ini bisa terjadi sebab kita mengkhawatirkan hal-hal yang berada di luar kendali atau yang belum terjadi. Apapun alasannya, kecemasan yang berlebihan menyebabkan tekanan pada pikiran dan tubuh yang nantinya akan mempengaruhi kesehatan mental dan fisik

Siapa sih yang tidak pernah merasakan rasa cemas? Rasa cemas bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja, termasuk anda. Tentunya, hampir kebanyakan orang bahkan setiap orang pasti pernah merasakan cemas. Merasa takut atau cemas adalah emosi yang lumrah dialami dalam hidup. Tapi tentu tidak baik juga kalau anda terlalu sering mengalami kecemasan yang berlebihan sampai takut melakukan banyak hal dalam kehidupan anda sehari-hari.

Rasa cemas menjadi tanda untuk memberi perhatian lebih pada suatu hal. Namun cemas berlebihan, bisa menguras tenaga dan pikiran. Ujung-ujungnya berdampak negatif bagi kesehatan. Rasa cemas membuat anda terus terjaga di malam hari hingga mengurangi waktu istirahat. Hal ini tentu memengaruhi performa anda saat bekerja dan berkarya. Ketika rasa cemas itu datang, biasanya ditandai dengan telapak tangan berkeringat, jantung berdebar lebih cepat dan kencang.

Berikut langkah penting untuk meringankan kecemasan:
1. Olahraga dan istirahat cukup
Lakukan olah raga ringan setiap pagi minimal jalan-jalan selama 15 s/d 30 menit. Jika selama olah raga tersebut pikiran anda isi dengan hal-hal yang positif (bersyukur, mengangumi keindahan alam dsb) maka pikiran anda akan lebih fresh dan jernih untuk mengerjakan atau melakukan sesuatu. Kemudian beristirahatlah yang cukup karena dapat membuat tubuh anda merasa sehat dan tidak mudah lelah.

2. Lakukan relaksasi
Menarik napas dalam-dalam dengan mata tertutup dapat membuat santai tubuh kita, dan cobalah untuk memikirkan sesuatu yang menyenangkan saat melakukannya. Maka kita benar-benar akan merasakan kecemasan mulai mencair pergi.

3. Tidak mengonsumsi obat-obat terlarang dan alkohol
Rasa cemas bisa juga disebabkan oleh suatu keadaan medis misalnya hipertiroidisme atau karena pemakaian obat dari dokter maupun obat terlarang misalnya kortikosteroid atau kokain. Riwayat keluarga dengan penyakit kecemasan bisa membantu dalam menegakkan diagnosis, karena penyakit ini seringkali diturunkan.

4. Berkonsultasi dengan dokter
Datanglah ke dokter dan coba untuk berkonsultasi tentang rasa cemas yang selalu datang. Karena kecemasan terjadi berlangsung lama sehingga mengganggu aktivitas kehidupan yang normal, maka hal ini sudah merupakan suatu penyakit. Penyakit kecemasan sangat mengganggu dan begitu mempengaruhi kehidupan penderitanya sehingga bisa terjadi depresi.

Apakah anda punya tips-tips sendiri untuk mengatasi perasaan cemas anda? Semoga bermanfaat..

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)