Lampu Bikin Bayam Makin Bernutrisi

10 Maret 2010 Artikel Kesehatan


Cahaya lampu berpijar yang biasa digunakan di supermarket bisa meningkatkan kandungan nutrisi bayam. Sedang daun yang disimpan di tempat gelap justru mengalami penurunan kandungan nutrisi. Temuan ini ini, menurut peneliti, bisa merintis cara baru dalam menyimpan sayuran.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Chemical Society ini menemukan, bayam yang disimpan selama tiga hari di bawah paparan cahaya lampu memiliki kadar vitamin C, K, dan E, serta folat dan vitamin B yang lebih tinggi.

Peneliti Gene Lester, Donald J. Makus, dan D. Mark Hodges menyatakan bahwa penelitian ini diinspirasi dari supermarket yang seringkali memajang bayam dalam kontainer plastik jernih yang terpapar cahaya pijar (fluorescent light) selama 24 jam sehari.

Peneliti mencaritahu apakah paparan cahaya berkelanjutan memengaruhi kandungan nutrisi bayam, rahasia kuat dari tokoh kartun klasik Popeye si pelaut.

Setelah sembilan hari, kadar folat meningkat antara 84 hingga 100 persen dan kadar vitamin K juga meningkat hingga 100 persen. Selain itu, bayam juga mempunyai kandungan pigmen lutein dan zeaxanthin yang lebih tinggi. (IK/OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat