Lakukan Hal Ini Sebelum Anda Tidur!

7 Mei 2018 Artikel Kesehatan


Tidur merupakan hal yang penting untuk dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidur berfungsi untuk memulihkan energi tubuh setelah seharian beraktivitas. Itulah sebabnya Anda harus meluangkan waktu untuk tidur dengan durasi minimal 8-7 jam per hari.

Ada banyak hal yang harus kita lakukan agar kegiatan tidur kita bisa nyaman dan aman bebas gangguan nyenyak. Nah, berikut yang harus Anda lakukan sebelum tidur:

Menghapus sisa kosmetik
Pastikan sebelum tidur Anda sudah menghapus sisa-sisa pemakaian krim dan kosmetik yang Anda oleskan di atas kulit. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bahan kimia yang mampu memberikan efek negatif untuk kesehatan kulit.

Mandi dengan air hangat
Hal ini merupakan hal yang paling banyak direkomendasikan untuk dilakukan sebelum tidur. Selain menjaga kebersihan tubuh, mandi dengan air hangat sebelum tidur dapat membuat tubuh Anda rileks.

Gosok gigi
Biasakan untuk gosok gigi sebelum tidur agar bakteri dan kuman di dalam mulut tidak dapat merusak gigi kita.

Siapkan barang yang akan dibawa
Siapkan kelengkapan buku pelajaran, barang dan lainnya yang akan di bawa esok hari, dan langsung masukkan kedalam tas. Ini meminimalisir kelupaan membawa perlengkapan.

Melepas aksesoris yang digunakan
Saat tidur adalah saatnya tubuh dan kulit bebas beraktivitas termasuk bebas dari tempelan dan beban seperti jam tangan, kalung, cincin, anting-anting, gelang, dan lain sebagainya. Biarkan kulit tubuh kita beristirahat dengan tenang agar dapat kembali fit seperti sedia kala.

Matikan atau jauhkan gadget dari tubuh kita
Benda elektronik seperti handphone dapat membuat gelombang elektromagnetik dan radiasi yang tidak baik untuk kesehatan jika terpapar terus-menerus. Untuk itulah saat tidur matikan atau ubah ke mode penerbangan atau flightmode agar tidak memancarkan radiasi yang merugikan kesehatan tubuh kita. Bunyi nada panggilan atau nada ringtone handphone kita dapat membangunkan kita dari tidur lelap sehingga dapat membuat kaget, pusing, stress, dan sebagainya.

Cek pagar, jendela dan pintu rumah
Kunci pintu rumah , jendela serta gembok pagar. Saat tidur adalah saat kita lengah dan banyak penjahat yang suka saat-saat seperti itu agar dapat mendapatkan keuntungan dari kerugian kita.

Matikan semua alat elektronik
Cek kembali perabot elektronik kita yang masih menyala. Matikan apabila tidak terpakai seperti tv, radio, komputer, dan lain-lain.

Berdoa
Terakhir jangan lupa berdoa.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)