Kwaci Baik untuk Kesehatan Jantung Loh!

6 Maret 2014 Artikel Kesehatan


Banyak sekali manfaat biji bunga matahari (Helianthus Annuus L.) terutama bagi kesehatan tubuh kita. Biji bunga matahari memiliki senyawa minyak tak jenuh ganda yang sangat baik untuk kesehatan. Pada umumnya di Indonesia biji bunga matahari sering dijadikan snack atau makanan ringan saja yang disebut kuwaci biji bunga matahari. Anda harus baca artikel ini agar tahu bahwa biji bunga matahari ini ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Intip ulasan berikut ini:

1. Mencegah Sakit Jantung

Seperti yang disebutkan sebelumnya, vitamin E yang dikandung oleh biji bunga matahari ini memainkan peran penting bagi kesehatan organ dalam. Vitamin E mencegah radikal bebas dari oksidasi kolesterol yang bisa mencegah penyakit jantung dan juga serangan stroke.

2. Tulang Kuat

Magnesium dan juga kalsium ternyata juga terkandung dalam biji bunga matahari ini. kedua zat ini dibutuhkan untuk menguatkan tulang. Zat-zat ini diperlukan oleh tulang dan sendi agar fleksibel. Selain itu vitamin E akan membantu mengurangi penyakit rematik.

3. Melawan Kanker

Kecil-kecil namun cabe rawit. Inilah ungkapan yang pas untuk biji bunga matahari ini. Biji ini kaya akan selenium yang bisa memperbaiki sel tubuh yang rusak dan mencegah terjadinya kanker. 50 gram biji bunga matahari sehari akan memperkecil resiko terserang kanker prostat, kanker kandung kemih dan kanker usus besar.

4. Kesehatan Kulit

Kandungan dalam biji bunga matahari ini akan melindungi kulit dari paparan sinar surya dan memperlambat proses penuaan serta akan membuat kulit terlihat cerah.

5. Anti Inflamasi

Biji bunga matahari kaya akan vitamin E yang dapat memerangi radikal bebas yang bisa merusak membran sel, sel otak dan juga kolesterol. Vitamin E ini juga mencegah asma, osteoartritis dan juga rematik artritis.

Wah ternyata biji bunga matahari ini tidak hanya lezat dijadikan camilan, tetapi juga mengandung ribuan manfaat bagi tubuh Anda.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)