Kurangi Rasa Lelah dengan Makanan Ini

13 September 2017 Artikel Kesehatan


Rasa lelah pasti tidak bisa dihindari setelah kita beraktivitas seharian. Namun di era sekarang ini di mana kita dituntut dapat bekerja dengan cepat, kondisi seperti itu tentu akan menghambat produktifitas kita. Sebenanarnya ada banyak faktor yang menyebabkan rasa lelah atau letih pada tubuh kita. Hal ini perlu diperhatikan agar cara mengatasi lelah tersebut bisa lebih efektif, efisien dan sehat. Untuk mengatasi kelelahan, satu-satunya cara yang paling tepat adalah beristirahat. Selain itu, sebenarnya ada beberapa makanan yang bisa membantu meredakan kelelahan serta menjaga tubuh agar tetap sehat dan berstamina, yaitu:

Alpukat

Alpukat memiliki nutrisi, vitamin dan lemak sehat yang dipercaya sangat baik untuk memulihkan stamina yang menurun. Tidak hanya itu, mengkonsumsi buah alpukat secara teratur dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan membuat stamina tubuh bertahan lebih lama.

Coklat

Beberapa penelitian menyatakan bahwa coklat dapat memulihkan energi tubuh dengan segera dan membuat kerja otak lebih meningkat. Mengkonsumsi coklat saat tubuh dan otak merasa lelah, akan dapat menyegarkan tubuh dan pikiran untuk dapat beraktifitas kembali.

Buah-buahan segar

Semangka, melon dan buah-buahan lain yang memiliki kandungan air cukup banyak akan mengatasi kekurangan cairan pada tubuh yang lelah. Konsumsi buah-buahan ini akan membuat tubuh kembali segar dan bersemangat.

Gandum

Gandum utuh adalah salah satu sumber karbohidrat kompleks yang lama diserap tubuh sehingga dapat meningkatkan energi tubuh secara bertahap dan Anda tidak akan tetap bertenaga dalam waktu lama. Selain itu, gandum utuh juga dapat mempertahankan kadar gula tetap terjaga tanpa mengalami kenaikan yang signifikan jika Anda mengkonsumsi gandum utuh sebagai sumber karbohidrat.

Salmon

Salmon mengandung sumber omega 3 (EPA & DHA), protein berkualitas tinggi, kalsium, zat besi, seng, magnesium, fosfor, asam amino, vitamin A, D, B6, B dan E. Asam lemak Omega-3 dalam ikan salmon dapat membantu menurunkan kolesterol dan membantu kerja otak. Protein kualitas tinggi pada salmon merupakan sumber energi bagi tubuh untuk dapat beraktifitas dengan baik karena protein tersebut mudah dicerna dan menyerap ke dalam tubuh.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat yang tinggi sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Selain itu kacang juga kaya akan magnesium yang dapat membuat gula darah lebih stabil. Kacang walnut mengandung magnesium, tembaga, besi, mangan, seng, kalsium, omega 3, vitamin E, asam folat, dan vitamin lainnya dalam kelompok B. Vitamin E dalam kacang walnut dapat mengurangi inflamasi pada otak dan melindungi neuron sehingga orang yang mengkonsumsi walnut akan terhindar dari depresi dan kelelahan.

Jenis kacang lainnya yang membantu mengurangi kelelahan adalah kacang almond. Kacang ini mengandung omega 3 yang juga dipercaya mampu meningkatkan energi tubuh yang menurun. Selain 2 jenis kacang tersebut, kacang jenis lainnya seperti kacang tanah, kacang polong, kacang mede, kacang kedelai dan jenis kacang lainnya juga sangat baik menormalkan kembali stamina tubuh yang menurun.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)