Kurang Tidur Bisa Membuat Perut Semakin Buncit

10 April 2017 Artikel Kesehatan   |    Dr. Vanny Bernardus


Karena berbagai kesibukan, banyak orang yang memiliki waktu tidur semakin sedikit. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika kekurangan waktu tidur bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Tidak hanya itu, kurang tidur ternyata juga bisa membuat sistem metabolisme tubuh terganggu sehingga kita pun beresiko tinggi mengalami kenaikan berat badan dan membuat perut semakin buncit.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Obesity menyebutkan fakta dimana andai kita tidur hanya selama 4 jam selama 5 malam berturut-turut, maka tingkat metabolik istirahat tubuh bisa menurun hingga 3 persen. Hal ini ternyata bisa menurunkan pembakaran kalori hingga sejumlah 42 kalori lebih rendah. Meskipun belum jelas apa penyebab dari penurunan ini, namun para peneliti menduga bahwa hal ini disebabkan oleh kondisi homoestatis pada tubuh.

Pakar kesehatan yang merupakan peneliti utama dari studi ini, Andrea Spaeht, PhD yang berasal dari University of Pennsylvania’s Perelman School of Medicine, menyebutkan bahwa jika kita kurang tidur di malam hari, maka keesokan harinya tubuh akan cenderung membakar kalori dengan jumlah yang lebih sedikit. Hal ini berarti, semakin melambatnya sistem metabolisme pada tubuh secara tidak langsung akan membuat kita mengkonsumsi kalori dengan lebih banyak. Tak hanya itu, hal ini juga akan membuat kita cenderung mudah mengantuk dan ingin mengkonsumsi makanan tidak sehat.

Andrea Spaeht sendiri pernah melakukan penelitian lain yang menyebutkan bahwa mereka yang kurang tidur cenderung menambah asupan kalori hingga 500 kalori lebih banyak keesokan harinya. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh tubuh yang ingin menyeimbangkan energi positif sehingga memproduksi hormon yang meningkatkan nafsu makan dengan lebih banyak.

Untungnya, untuk memulihkan diri dari efek kurang tidur ini, kita hanya perlu tidur dengan waktu yang lebih banyak sehingga kita pun bisa mengembalikan sistem metabolisme tubuh dalam kondisi yang normal. Dengan melakukan hal ini, kita pun bisa mencegah masalah perut buncit.

(Penulis adalah Dr. Vanny Bernardus)
Tulisan lainnya bisa dilihat di doktersehat.com)