Kunyit, Tanaman Herbal yang Mempertajam Ingatan dan Kemampuan Otak

9 Oktober 2016 Artikel Kesehatan


Siapa yang tidak kenal kunyit. Terkenal sejak zaman dulu, kunyit kerap kali dijadikan orang Asia sebagaiobat herbal untuk meredakan segala jenis penyakit. Bahkan beberapa ahli kesehatan juga mengatakan bahwa kunyit memiliki manfaat anti - inflamasi, menyembuhkan batuk / demam dan luka. Namun masih Ada banyak manfaat kunyit bagi kesehatan lainnya, salah satunya adalah untuk mempertajam ingatan serta kemampuan otak.

Penelitian menunjukan bahwa tanaman herbal yang memiliki aroma khas ini terbukti mampu melawan serta mencegah gejala Alzheimer's, dan meningkatkan fungsi otak dalam beberapa bidang seperti misalnya berpikir, memahami, mengingat, dan belajar.

Kunyit memiliki kandungan senyawa bernama curcumin yang kaya antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat baik memperbaiki dan menjaga kesehatan otak. Kunyit rupanya juga mampu meningkatkan kesehatan otak dengan cara membersihkan otak dari beta-amyloid (semacam protein) yang menyebabkan penumpukan plak di otak. Hal tersebut yang menjaga ingatan manusia semakin tajam.

Saat ini, kunyit bisa Anda kreasikan dengan berbagai macam bahan pangan ataupun menjadikannya minuman sehat. Anda juga bisa tambahkan madu untuk menghindari rasa kunyit yang terkenal pahit dan tidak enak. Semoga bermanfaat!

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)