Kulit Jeruk Keprok Ampuh Atasi Kanker

30 November 2019 Artikel Kesehatan


Jeruk keprok atau Citrus nobilis LOUR merupakan salah satu ragam jeruk yang banyak ditemukan di Indonesia. Jeruk ini tumbuh pada iklim tropis maupun subtropis. Anda mungkin sering menjumpai kulit jeruk keprok yang dirajang halus, ini sering ditemui pada makanan khas jawa yang disebut trancam. Trancam adalah sayuran seperti kecambah, kacang panjang, mentimun yang dirajang dengan dikasih bumbu urap kelapa. Trancam dihidangkan dengan sayuran mentah, dan kadang ditambah pula dengan rajangan kulit jeruk keprok. Kulit jeruk keprok, bagi yang suka biasa dimakan bersama sambal, dan itupun sudah sangat nikmat sekali.

Jeruk keprok yang mungkin selama ini hanya terkenal karena rasa manis yang dimilikinya, ternyata juga memiliki rahasia lain yang menakjubkan, karena tidak hanya buahnya saja yang memiliki kandungan dan manfaat yang berguna bagi tubuh Anda. Kulit jeruk keprok yang biasanya digunakan hanya sebagai campuran pembuatan sambal atau rajangan ini ternyata memiliki khasiat yang ampuh untuk mengatasi kanker.

Jeruk keprok tersusun dari berbagai nutrisi baik yang sangat dibutuhkan tubuh, seperti berbagai macam mineral, glukosa, zat besi, berbagai vitamin, mulai dari vitamin A hingga vitamin C tentunya, kemudian kalsium, minyak atsiri, alkaloid, polifenol, flavonoid, saponin dan lain-lain.

Namun, faktanya tidak hanya kandungan tersebut yang ada dalam jeruk keprok. Kulitnya ternyata memiliki senyawa kimia alami yang berperan penting dalam membantu mengatasi kanker. Kulit jeruk buah keprok ini tersusun atas beberapa senyawa kimia alami, seperti tangeritin, tyrosine, cystine, decanol, thymol, citronellal, decanal dan masih banyak lagi lainnya.

Salah satu dari senyawa kimia tersebut mampu membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dan berperan sebagai zat antikanker dalam tubuh Anda.

Semoga bermanfaat..

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)