Kuku Panjang Penyakit Mengintai!

1 November 2014 Artikel Kesehatan


Bagi sebagian orang memelihara kuku itu salah satu bentuk mempercantik penampilan. Sebagian juga karena malas merawat kuku mereka. Kita tidak tahu akan bahaya yang disebabkan dengan memiliki kuku yang panjang. Banyak penyakit yang mengintai saat kita memiliki kuku yang panjang dan tidak menjaga kebersihan kuku kita.

Apa sih Kuku Itu?

Menurut Boni E. Elewski,MD., seorang professor dermatology di Universitas Alabama, Birmingham (UAB), kuku merupakan lapisan mengkilat yang terbuat dari protein dan disebut keratin. Memiliki beberapa bagian yaitu:

- Nail Plate (lapisan terluar)

- Nail Folds (lapisan kulit yang membungkus tiga permukaan kuku)

- Nail Bed (kulit tipis dibawah plate)

- Cuticle (lapisan tipis yang menutupi permukaan plate di lingkaran dasar kuku)

- Lunula (rona keputihan berbentuk setengah lingkaran yang kerap terlihat di dasar kuku)

Kuku merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang apalagi balita yang sangat rentan akan kesehatannya apabila kuku mereka tidak dijaga kebersihannya. Biasanya anak-anak akan menggunakannya untuk bermain dengan berbagai macam benda / mainan. Bila kuku mereka panjang dan tidak bersih, maka banyak bakteri dan bibit penyakit mudah bersarang di kuku. Bagi anak yang memiliki kebiasaan yang buruk yaitu sering menggigiti kukunya, hal ini sangatlah beresiko dan mudah terserang penyakit.

Umumnya kuku akan tumbuh 1-10 inci tiap bulannya, pada kuku tangan yang dominan, maka akan tumbuh lebih cepat,begitu pula pada saat musim panas atau kemarau. Berdasarkan fungsinya, kuku merupakan pelindung kulit dan filter (penyaring) dari aneka kotoran yang menyelip di bawahnya. Karena sebagai filter inilah, tak heran kuku pun bisa jadi ’sarang penyakit’.

Apa Saja Sih Bahayanya?

Masuknya Cacing Gelang

Tanah yang mengandung telur cacing, bisa saja bersarang di kuku anak pada saat bermain di taman atau di lapangan. Akibatnya anak pun mengalami cacingan. Biasanya disebut askariasis yang disebabkan oleh cacing gelang. Cacing gelang atau nama ilmiahnya Ascaris lumbricoides ini berwarna putih dan berukuran sekitar 20-30 cm biasanya banyak ditemui di tanah. Tanah yang bersarang di kuku masuk ke dalam tubuh si anak yang kurang bersih dan memakan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu atau memasukkan tangannya ke mulut.

Cacing gelang merupakan jenis parasit. Cacing akan menyerap makanan yang masuk ke usus manusia seperti karbohidrat dan protein. Maka dari itu anak yang menderita cacingan akan menghambat masa pertumbuhannya.

Infeksi Kuku

Tak banyak yang mengetahui kuku yang panjang dapat menyebabkan timbulnya infeksi pada kuku yang umumnya disebabkan oleh jamur maupun bakteri di sekitar kuku. Paronychia, gejalanya berupa bengkak atau gatal kemerahan yang tiba-tiba. Bila salah penanganan dan tidak segera diperiksa, gejala ini bisa menjadi akut dan areanya meluas.

Infeksi ringan sebenarnya mudah ditangani sendiri tanpa bantuan dokter. Dengan memberikan lotion anti jamur dan hal yang harus diperhatikan ialah segeralah memberikan obat antiseptik pada kuku. Karena kuku pertumbuhannya sangat lambat dan membutuhkan waktu lama dalam penyembuhannya.

Sebaiknya orang tua memperhatikan lebih detail kebersihan dan kerapihan kuku anaknya dan rajin untuk memotong kukunya. Karena dengan kuku yang panjang secara tidak langsung mengantarkan kita kepada berbagai jenis penyakit.

Semoga Bermanfaat!

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)