Kuku Anda Mengalami Perubahan? Waspadailah Hal Ini...

30 Juli 2013 Artikel Kesehatan


Tidak sedikit dari kita mungkin kurang menyadari bahwa tubuh juga memiliki caranya untuk mengingatkan kita jika tubuh terjadi sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan. sebagian orang terkadang menganggap perubahan tubuh yang tidak terlalu signifikan adalah hal yang sepele padahal itu merupakan tanda awal yang menandakan bahwa anda terkena gangguan kesehatan yang serius.

Sebenarnya tubuh bisa memberikan sinyal adanya gangguan kesehatan dengan melibatkan organ tubuh seperti halnya kuku. Memang jika dilihat memanglah kuku merupakan hal yang sepele namun jika anda melihat warna kuku yang tidak seperti biasa, bisa jadi anda mengalami gangguan-gangguan kesehatan yang serius. Masalah kesehatan pada hati, paru-paru, dan jantung misalnya dapat dideteksi pada keadaan dan warna kuku.

Apa saja tanda-tandanya? Berikut beberapa kondisi yang terjadi pada kuku jika anda terserang penyakit.

1. Kuku kuning
Salah satu penyebab paling umum dari kuku kuning adalah infeksi jamur. Jika infeksi memburuk, kuku dapat dilepas, kuku akan menebal dan hancur. Dalam kasus yang jarang, kuku kuning dapat menunjukkan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid yang parah, penyakit paru-paru, diabetes atau psoriasis.

2. Kuku mengerut
Jika permukaan kuku berkerut, mungkin dapat merupakan tanda awal dari psoriasis atau inflamasi arthritis. Perubahan warna kuku adalah umum, biasanya kulit di bawah kuku dapat tampak coklat kemerahan.

3. Kuku putih
Jika sebagian besar kuku berwarna putih dengan pinggiran lebih gelap, hal tersebut dapat mengindikasikan masalah liver, seperti hepatitis. Jika jari-jari kaki atau tangan juga berwarna kekuningan, dapat merupakan tanda lain dari masalah hati.

4. Kulit disekitar kuku bengkak
Jika kulit di sekitar kuku tampak merah dan bengkak, dapat dikenal sebagai peradangan lipatan kuku. Kondisi tersebut mungkin hasil dari lupus atau kelainan jaringan ikat. Infeksi juga dapat menyebabkan kemerahan dan peradangan pada lipatan kuku.

5. Kuku retak
Kuku kering dan rapuh, serta sering retak atau terbelah telah dikaitkan dengan penyakit tiroid. Terbelahnya kuku dengan warna kekuningan lebih mungkin disebabkan karena infeksi jamur.

6. Kuku berwarna kebiruan
Kuku dengan warna kebiru-biruan dapat berarti tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Kondisi tersebut dapat mengindikasikan infeksi di paru-paru, seperti pneumonia. Beberapa masalah jantung juga dapat dikaitkan dengan kuku kebiruan.

7. Kuku tampak pucat
Kuku yang berwarna sangat pucat kadang-kadang dapat menjadi tanda dari penyakit serius, seperti anemia, gagal jantung kongestif,penyakit hati, dan kekurangan nutrisi penting

8. Hobi menggigit kuku
Menggigit kuku mungkin tidak lebih karena kebiasaan, namun dalam beberapa kasus hal tersebut dapat merupakan tanda kecemasan persisten oleh karena pengobatan. Menggigit kuku juga telah dikaitkan dengan gangguan obsesif kompulsif. Jika tidak dapat berhenti, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

9. Garis gelap di bawah kuku
Garis-garis gelap di bawah kuku harus diselidiki sesegera mungkin. Kondisi tersebut kadang-kadang disebabkan oleh melanoma, yaitu jenis paling berbahaya dari kanker kulit.

(Dikutip dari berbagai sumber)