Kryptonite Lem Super untuk Jantung

1 November 2010 Artikel Kesehatan


Kryptonite, batu mistis berwarna hijau yang menjadi titik kelemahan tokoh fiksi Superman, kini bisa membantu pasien pada tahap penyembuhan pascaoperasi.

Kryptonite bukan batu seperti dalam film tersebut melainkan lem super berwarna hijau yang diberi nama kryptonite yang mampu mempercepat penutupan tulang pada payudara setelah dilakukan operasi jantung.

Dr Paul Fedak dari Pusat Kesehatan Foothills di Calgary, Kanada, mengatakan, "Lem ini memiliki karakter seperti tulang alami pada pada manusia sehingga akan menumbuhkan jaringan tulang baru." Dr Fedak mengutarakan salah satu dari banyaknya keluhan yang paling umum dari pasien yakni timbulnya rasa nyeri pascaoperasi jantung.

Dengan adanya metode alternatif ini, proses penyembuhan dimungkinkan berlangsung lebih cepat yakni hanya dalam beberapa jam, bukan beberapa minggu lagi seperti sebelumnya.

Setelah diteliti, lem super bernama kryptonite itu terbukti mampu membantu pasien untuk bernapas tanpa rasa sakit dan pulih tanpa bantuan analgesik dalam dosis tinggi. Hal itu, jelas Dr Fedak, karena kekuatan mekanis tulang dada untuk kembali merekat meningkat menjadi 10 kali lipat lebih besar bila menggunakan kryptonite.

Dr Beth Abramson, dari Yayasan Stroke dan Jantung Kanada menerangkan, "Prosedur baru ini tentunya merupakan sebuah gebrakan yang sangat bermanfaat untuk diterapkan dalam berbagai proses operasi.

Karena, mampu memperbaiki kualitas hidup dan tentunya menghemat biaya operasi." Penemuan ini juga telah diperesentasikan pada Minggu (24/10) di Kongres Kardiovaskular Kanada 2010 di Montreal. Kryptonite telah diujicobakan terhadap 20 pasien pada tahun lalu. Kini, lem super itu telah diterapkan terhadap lebih dari 500 pasien di Kanada dan Amerika Serikat.

Sumber: mediaindonesia.com