Krokot, Tanaman Liar dengan Banyak Manfaat

27 Februari 2014 Artikel Kesehatan


Tanaman krokot dengan nama ilmiah Portulaca Oleracea L atau yang kita kenal dengan nama daerah jalu-jalu tiki (Ternate), gelang (Sunda dan Sumatera) dan ma chi xian (Cina) merupakan tanaman dari suku portulacaceae. Krokot merupakan tanaman semak yang mempunyai batang beruas bewarna merah kecoklatan. Daun tanaman krokot merupakan daun tunggal berwarna hijau berbentuk bulat telur, ujung dan pangkalnya tumpul. Tepi daunya rata dan berdaging yang memiliki panjang 1-3 cm dan lebar 1-2cm.

Bunga Krokot merupakan bunga majemuk yang terletak di ujung cabang. Tanaman Krokot juga memiliki kelopak bunga bewarna hijau, bertajuk, dan bersayap. Mahkota bunga krokot berbentuk jantung, memiliki 3-5 kepala putik bewarna putih dan kuning. Buah krokot berbentuk kotak, berrwarna hijau, dan memiliki biji yang banyak. Bijinya bulat kecil mengkilap, bewarna hitam. Sistem perakaran tanaman krokot yaitu akar tunggang.

Krokot memiliki rasa asam, salah satu manfatnya diyakini dapat menurunkan panas, menghilangkan rasa sakit, peluruh kencing, antitoksidan, penenang, menurunkan gula darah, anti skorbut (karena kekurangan vitamin c), menguatkan jantung, menghilangkan bengkak, dan melancarkan aliran darah.Bagian yang digunakan: Seluruh bagian krokot, mulai dari batang, akar dan daun. Baik yang masih segar atau yang telah dikeringkan.

Berikut beberapa khasiat dan cara pengolahannya:
1.Sakit badan, bisul, pegal, radang gusi, sakit kuning, radang payudara, dan wasir berdarah serta gangguan sistem saluran kencing.
Cara penggunaannya: rebus 9-13 g herba krokot dalam tiga gelas air sampai tersisa satu gelas kemudian minum air rebusan tiga kali sehari.

2.Borok,eksema, luka gigitan lipan, dan radang kulit.
Cara penggunaannya: cuci bersih tanaman herba krokot, tumbuk sampaihalus, kemudian tambahkan sedikit garam lalu olesi bagian yang borok dan luka dengan herba krokot yang telah dihaluskan.

3.Demam.
Cara penggunaannya: rebus krokot sebentar jangan sampai terlau matang, lalu makan.

4.Jantung berdebar.
Cara penggunaannya: cuci empat batang krokot lalu, lalu giling. Tambahkan setengah gelas air yang telah dimasak dan satu sendok madu,lalu peras. Saring air perasan dan minum bersama satu sendok makan madu dua kali sehari.

5.Disentri.
Cara penggunaannya: uapkan 550 g herba krokot selama 3- 4 menit lalu tumbuk sampai halus, peras tumbukan sampai menghasilkan 150 mL, Kemudian minum tiga kali sehari masing-masing 50 mL.

6.Radang usus buntu.
Cara penggunaannya: cuci bersih segenggam herba krokot segar lalu tumbuk halus, peras hasil tumbukan kemudian tambahkan gula dan air hingat, dan minum tiga kali sehari.

Tanaman yang tumbuh liar ini memang sering dijumpai di pinggir jalan dan sawah, biasanya hanya dipandang sebelah mata. Dan ternyata tanaman ini berkhasiat yang luar biasa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)