Koyo Nikotin Obat Pelega Tenggorokan untuk Stop Merokok

4 November 2009 Artikel Kesehatan


Madison, Menghentikan kebiasaan merokok yang sudah berakar memang sulit. Namun tak ada salahnya mencoba teknik baru, yakni menggunakan kombinasi koyo nikotin dan obat pelega tenggorokan (lozenges). Peneliti mengatakan, teknik ini adalah teknik paling ampuh atasi perokok yang memang niat berhenti merokok.

Dibanding dengan metode lain, seperti penggunaan anti depresi, teknik kombinasi ini paling baik karena masih menyerupai merokok tapi bisa mengurangi dosis dan ketergantungannya.

"Setelah dianalisis dan dilakukan studi, kami menemukan bahwa teknik terapi dengan kombinasi koyo nikotin dan lozenges (bahan yang biasa dipakai dalam obat batuk untuk melegakan tenggorokan) ternyata paling ampuh mengurangi kebiasaan merokok," ujar Dr Jonathan H Whiteson, dari Cardiopulmonary Rehabilitation and Prevention Center, New York City seperti dikutip dari Health, Selasa (3/11/2009).

Alasan di balik keberhasilan teknik ini, menurut peneliti adalah, adanya suplai nikotin yang tetap dalam tubuh dan juga bahan aktif lozenges yang akan meningkatkan keberadaan nikotin dalam mulut.

Efek yang disebut peneliti sebagai mimic efect dari kombinasi terapi inilah yang membuat perokok merasakan nikotin yang hebat dalam tubuhnya padahal mereka tidak merokok.

"Teknik ini telah berhasil menurunkan kebiasaan merokok hingga 40 persen dalam waktu 6 bulan. Namun yang perlu diingat, selama melakukan terapi ini perokok harus terus diberi motivasi dan melakukan konseling agar tetap konsisten," jelas Megan E Piper, ketua studi sekaligus profesor di Center for Tobacco Research and Intervention at the University of Wisconsin, Madison.

Studi yang melibatkan 1.504 perokok dewasa ini didanai oleh the US National Institutes of Health dan obat lozenges yang digunakan disediakan secara gratis oleh perusahaan obat GlaxoSmithKline.

Koyo yang mengandung nikotin atau yang disebut dengan nicotin patch sudah tersedia di pasaran selama lebih dari 2 dekade, dan merupakan salah satu produk yang paling umum digunakan oleh pharmacotherapy untuk membantu mereka yang ingin berhenti merokok. Namun hasilnya akan lebih baik jika nicotin patch dikombinasikan dengan lozenges.

"Mereka yang melakukan kombinasi ini bersumpah untuk tidak menyentuh rokok lagi setelah satu minggu dan berhasil tidak merokok untuk satu hari penuh," ujar Pipper.

gambar: indiainfo

sumber: health.detik.com