Kosmetik Mata Ratu Mesir Berkhasiat Lho!

27 Januari 2010 Artikel Kesehatan


KOMPAS.com Riasan mencolok di sekitar mata yang biasa dipakai para ratu ribuan tahun lalu, seperti Ratu Nefertiti dan ratu Mesir lainnya, ternyata tidak cuma berguna untuk mempercantik tampilan. Penelitian menunjukkan, kosmetik kuno itu ternyata bermanfaat untuk mencegah penyakit mata.

Orang Mesir kuno percaya bahwa riasan mata berwarna gelap akan menjauhkan mereka dari penyakit. Namun, para ahli tidak memercayainya karena riasan mata yang dipakai para ratu itu dibuat dari cat berbahan timah yang justru bisa mendatangkan penyakit.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Analytical Chemistry, para ahli menganalisis kandungan bahan kosmetik yang dipakai leluhur bangsa Mesir yang dipamerkan dalam museum Louvre di Paris. Ditemukan bahwa kandungan kosmetik itu meningkatkan produksi asam oksida dalam sel kulit yang mampu meningkatkan sistem imun dan mencegah infeksi mata.

Menurut ketua penelitian Christian Amatore dari University Pierre Marie Currie, infeksi mata bisa terjadi karena paparan air yang tercemar di sungai yang sering dipakai mandi oleh bangsa Mesir kuno.

sumber: kompas.com