Kopi Decaf Kurangi Risiko Diabetes

20 Januari 2012 Artikel Kesehatan


Kopi sudah sejak lama dikaitkan dengan pencegahan penyakit diabetes. Namun baru kali ini para ilmuwan Cina berhasil mengungkap apa yang menyebabkan minuman populer ini efektif mencegah diabetes.

Para ilmuwan menemukan tiga senyawa dalam kopi yang bisa menghambat akumulasi racun dari protein yang dalam jangka panjang akan memicu kondisi diabetes. Di dalam tubuh lama kelamaan penumpukan racun protein ini akan mematikan sel-sel pankreas yang menghasilkan insulin.

Seperti diketahui diabetes tipe 2 terjadi karena tubuh tidak bisa menggunakan insulin. Nah, ekstrak kopi juga akan mencegah terganggungnya sel yang memproduksi insulin.

Ekstrak kopi, yakni kafein, asam cafeic dan asam chlorogenic, merupakan tiga senyawa yang bertanggung jawab pada dampak preventif diabetes ini. "Ketiga senyawa ini bisa mengubah proses toksik protein," kata Kun Huang dari Huazhong University of Science and Technology.

Dalam penelitian di laboratorium ketiga komponen tersebut menunjukkan hasil yang positif. Tetapi yang efektivitasnya paling tinggi ternyata adalah kopi non kafein atau kopi decaf.

"Dalam kopi decaf, kandungan asam caffeic dan asam chlorogenic-nya paling tinggi dibandingkan kopi biasa sehingga kadar kafeinnya lebih sedikit," paparnya.

Sumber: kompas.com