Kopi dan Teh Turunkan Risiko Kanker Otak

29 Oktober 2010 Artikel Kesehatan


Satu lagi berita gembira bagi Anda penggemar kopi dan teh. Telah terungkap manfaat lain dari dua minuman berkafein itu. Sebuah studi terbaru mengindikasikan bahwa mengonsumsi kopi atau teh setiap hari ditengarai mampu menurunkan risiko terkena kanker otak.

Kesimpulan itu didasari analisis terhadap data yang terkait dengan pola minum sebanyak 410 ribu pria dan perempuan berusia antara 25 dan 70 tahun. Penelitian yang diadakan oleh kumpulan peneliti dari beberapa negara itu melibatkan partisipan dari Prancis, Belanda, Italia, Spanyol, Inggris, Yunani, Denmark, Norwegia, Swedia, dan Jerman. Para partisipan direkrut pada 1991 dan 2000 serta dipantau selama 8,5 tahun. Selama itu, kehidupan mereka dipantau terutama pada pola minum, khususnya konsumsi kopi dan teh.

Selama masa penelitian, muncul sebanyak 343 kasus glioma dan 245 kasus meningioma. Itu merupakan dua jenis kanker yang memengaruhi jaringan di sekitar otak dan sumsum tulang belakang. Dari hasil analisis, terlihat bahwa kopi dan teh menyediakan perlindungan terhadap kanker otak, terutama dari glioma, jenis kanker yang menyerang sistem syaraf pusat yang berasal dari otak dan sumsum tulang belakang.

Dengan memantau pola minum para partisipan, tim peneliti menemukan bahwa meminum100 ml kopi atau teh per harinya mampu menurunkan risiko munculnya glioma sebanyak 34 persen. Hasil studi ini telah dipublikasikan pada American Journal of Clinical Nutrition edisi Oktober 2010.

Sumber: mediaindonesia.com