Kontrol Gula Darah dengan Makanan Ini

17 Agustus 2014 Artikel Kesehatan


Gula dalam darah dapat naik maupun turun sesuai dengan aktifitas dan makanan yang dikonsumsi. Stroke, serangan jantung dan diabetes dapat diakibatkan dari kadar gula darah yang tinggi. Maka itu perlu dilakukan kontrol terhadap gula darah agar tubuh tetap sehat.

Mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh penting demi kesehatan. Jika gula darah terlalu tinggi Anda bisa terkena diabetes. Sementara jika gula darah terlalu rendah, Anda bisa mengalami hypoglycemia. Mengonsumsi makanan yang benar dan tepat bisa dilakukan untuk menjaga tingkat gula dalam darah.Selain rajin berolahraga dan menjaga kebugaran tubuh. Jangan sampai diabetes menyerang Anda dan keluarga. Hidup sehat adalah pilihan.

Berikut beberapa makanan yang bisa mengontrol gula darah Anda:

1. Apel
Tidak heran lagi, buah yang satu ini cukup dikenal dengan berjuta manfaatnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi apel dapat mencegah terserang diabetes hingga 20%. Kandungan quercetin pada apel dapat mengontrol kadar gula pada tubuh Anda.

2. Alpukat
Alpukat mengandung serat larut yang dapat memperlambat proses pencernaan sehingga dapat mencegah meningkatnya gula darah. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan Anda. Tidak hanya itu, alpukat juga dapat mengendalikan nafsu makan Anda.

3. Buncis
Buncis merupakan makanan yang ternyata rendah lemak, tinggi protein, dan mengandung serat larut. Serat memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah Anda sehingga dapat mencegah peningkatan gula darah.

4. Ikan
Ikan adalah alternatif lain selain daging. Ikan kaya akan omega 3 dan asam lemak. Ikan seperti salmon dan sarden sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko diabetes dan mengontrol kolesterol dalam tubuh Anda.

5. Sayuran segar
Sayur-sayuran segar sangat rendah lemak dan kalori, tetapi mereka tinggi akan kandungan serat dan air. Sayur dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga konsumsi makanan dalam tubuh Anda bisa berkurang.

6. Jeruk
Buah-buahan seperti jeruk atau lemon ternyata mengandung anti oksidan dan kaya akan nutrisi, serat, dan vitamin C yang dapat mengontrol level gula darah.

Mengonsumsi makanan di atas bisa mencegah gula darah melonjak drastis yang berujung pada diabetes. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)