Konsumsi Serat Tinggi Mencegah Resiko Praeklampsia

5 Oktober 2009 Artikel Kesehatan


Praeklampsia merupakan sebuah komplikasi yang serius dan berpotensi fatal dari kehamilan, ditandai dengan tekanan darah tinggi, kenaikan berat badan yang cepat, protein dalam kemih setelah kehamilan berusia 20 minggu. Perubahan dramatis dalam lemak darah dapat mendahului kondisi-kondisi ini.

Seorang dokter dari Seatlle dan rekannya menemukan konsumsi serat tinggi sebelum dan selama kehamilan sangat mengurangi resiko praeklampsia pada 1538 wanita yang dimonitor selama masa kehamilannya. Enam puluh empat orang dari mereka mengalami praeklampsia.

Para peneliti memperhitungkan bahwa penambahan setiap 5 gram serat setiap harinya menghasilkan 14 pengurangan terhadap resiko praeklampsia. Mereka juga telah memperhitungkan faktor potensi lain di dalamnya, seperti konsumsi energi total, usia Ibu, etnik / ras, berat tubuh sebelum kehamilan, jumlah kehamilan.

Wanita dengan konsumsi serat tertinggi memiliki trigliserida yang hampir 12 poin lebih rendah dan lipoprotein berkepadatan tinggi (HDL / kolesterol baik) yang lebih dari 2,6 poin lebih tinggi daripada wanita dnegan konsumsi serat harian terendah.

sumber: infosehat.com