Konsumsi Makanan Ini untuk Mengusir Ngantuk..

19 April 2013 Artikel Kesehatan


Apa yang biasa kita rasakan ketika melakukan aktivitas paruh waktu? Apalagi saat sehabis makan siang, tubuh terasa lemas. Jika tubuh lemas, apa reaksi dari otak kita? Ya, pasti ingin tidur. tidur memang sangat bermanfaat untuk tubuh kita namun jika tidur disaat kita beraktivitas jelas akan merugikan kita sendiri karena waktu kita yang digunakan untuk hal yang bermanfaat seperti menuntut ilmu atau bekerja akan habis untuk tidur.

Saat - saat siang menjelang sore memang energi tubuh kita akan terkuras habis dengan berbagai persoalan yang kita hadapi seperti belajar, menyelesaikan tugas, bekerja, dan pekerjaan yang dilakukan dengan duduk. Solusinya adalah mencegah kantuk itu, namun bagaimana caranya? Salah satunya dengan makanan atau minuman. Tapi bukan kopi, minuman energi atau camilan untuk mengatasinya. Ingin tahu? Berikut makanan sehat yang membuat tubuh kembali segar.

1. Buah Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C, zat besi dan beta-karoten yang efektif menambah energi dalam waktu singkat. Plus rasanya yang asam segar, bisa membuat mata Anda terbangun seketika dan tubuh jadi lebih semangat.

2. Dark Chocolate

Cokelat mengandung sedikit kafein yang membuat tubuh lebih segar dan berenergi. Pilihlah yang jenis dark chocolate dengan kadar 30-50 persen agar manfaatnya lebih maksimal untuk mengusir ngantuk.

3. Alpukat

Buah lezat yang mengandung asam lemak tak jenuh ini kaya akan potassium. Potassium adalah jenis mineral yang penting untuk membuat Anda terjaga dan tetap semangat sepanjang hari. Hanya saja karena kandungan kalori dan lemaknya yang tinggi (meskipun lemak sehat), untuk penggunaanya, sebaiknya cukup konsumsi setengah potong buah tanpa campuran gula atau susu kental manis.

4. Almond

Kacang almond memberi sifat alkali atau basa pada tubuh. Jika tubuh terlalu asam atau kurang basa, tubuh cenderung mudah lelah dan metabolisme terganggu sehingga berat badan lebih cepat naik. Kaya akan kandungan vitamin E, B6 dan folate, almond bisa memberi tambahan energi tanpa menggemukkan badan. Satu cangkir almond sebagai camilan, cukup untuk membuat kantuk Anda segera hilang.

5. Buah Pisang

Bukan tanpa alasan pisang menjadi camilan favorit para olahragawan pencinta fitnes. Pisang yang merupakan sumber potassium mampu memberi energi tambahan tanpa memberi rasa penuh atau terlalu kenyang di perut. Jika rasa kantuk dan lemas datang, kunyahlah satu atau dua buah pisang.

6. Roti Gandum & Selai Kacang

Selai kacang, terutama yang terbuat dari almond kaya akan protein, serat, lemak sehat dan potassium. Sedangkan roti gandum merupakan karbohidrat kompleks yang mampu memberi energi tanpa menaikkan gula darah. Selain mengenyangkan, sandwich isi selai kacang juga mengusir rasa kantuk dan tidak membuat lemas.

7. Jus Lemon

Tak hanya membuat tubuh segar, jus lemon juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan sistem imun tubuh. Sebab lemon mengandung elektrolit yang mengalirkan hantaran listrik ke seluruh tubuh sehingga membuat tubuh lebih bersemangat. Anda bisa menambahkan 2-3 iris atau perasan lemon ke dalam segelas air hangat

(Dikutip dari berbagai sumber)